Sukses

Siapa Sangka, Ujian Zig-Zag untuk Mendapatkan SIM Motor Sudah Ada pada Tahun 1969

Belakangan ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoroti tes ujian pembuatan SIM. Ia menilai jika ujiannya tergolong rumit dan membuat banyak pemohon tak lolos akibat tes zig-zag .

Liputan6.com, Jakarta - Ujian zig-zag adalah salah satu metode pengujian yang digunakan untuk menguji kelincahan pengendara sepeda motor. Selama ujian zig-zag, pengendara harus melalui rute yang terdiri dari serangkaian tikungan yang tajam dan cepat. 

Belakangan ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoroti tes ujian pembuatan SIM. Ia menilai jika ujiannya tergolong rumit dan membuat banyak pemohon tak lolos akibat tes zig-zag .

"Saya kira kalau saya uji dengan tes ini, yang lulus paling 20. Bener enggak? Enggak percaya? Kalian langsung saya bawa ke Daan Mogot, langsung saya uji. Karena kalau yang lolos dari situ, nanti pasti bisa jadi pemain sirkus," kelakar Jenderal Sigit.

Rupanya, tes tersebut sudah ada sejak zaman dulu. Lantas bagaimana potret ujian membuat SIM tahun 1969 yang ternyata sudah ada tes zig-zag? Melansir dari akun Instagram videosejarah, simak ulasan informasinya berikut ini.

Ujian Bikin SIM Tahun 1969

Sebuah video yang merekam ujian pembuatan SIM pada tahun 1969 viral di media sosial. Terlihat ujian pembuatan SIM tidak jauh berbeda dengan tes saat ini. Terlebih lagi pada ujian tes praktik. Di mana terlihat pada zaman dulu sudah ada tes zig zag yang dinilai sangat susah bagi masyarakat luas.

"Ujian untuk mendapatkan surat izin mengemudi atau rijbewijs sekitar tahun 1969," tulis keterangan video.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Netizen Tentang Ujian Zig-Zag untuk Mendapatkan SIM Motor Sudah Ada pada Tahun 1969

Video tersebut rupanya membuat netizen di Indonesia terkejut. Terlebih lagi kemampuan wanita yang bermanuver menggunakan Vespa bisa dibilang sangatlah memukau. Warganet pun menulis beragam komentar yang menarik untuk diperhatikan. Berikut ulasannya.

  • "Itu cewek naik vespa kopling bisa lihai tes zig-zag gitu . Kalo zaman skrg udah pake motor matic masih gagal pula 😂." ungkap Febby*****.
  • " Sy pertama kali buat sim c itu tahun 1980, kondisi nya masih memdekati tahun 1969 (seperti di video), perbedaan nya adalah dalam tes praktek wajib menggunakan helm," tulis Joppy****.
  • "Saya dulu waktu ujian sim tes zig-zag gak segampang itu padahal!!!😂😂😂," kata danz****.
  • "Cewek pke vespa kopling 👏👏, emaknya siapa ini 🔥🔥," celotih fariz***.

Sumber: Otosia.com

Penulis: Ahmad Muzaki

Sumber Video: https://www.instagram.com/reel/Ct7syeSOhyO/?utm_source=ig_embed&ig_rid=0d5ace6f-c7b7-4c60-aad2-a3c5e3721d14

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini