Sukses

Edan, Performa Mazda3 Ini Tembus 1.400 Tenaga Kuda

Mendengar tenaga yang dihasilkan oleh hatchback Mazda3 ini bikin bulu kuduk merinding. Bagaimana tidak? Tenaga yang diproduksi dari ruang mesin, mampu menghasilkan 1.400 tk!

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar tenaga yang dihasilkan oleh hatchback Mazda3 ini bikin bulu kuduk merinding. Bagaimana tidak, tenaga yang diproduksi dari ruang mesin, mampu menghasilkan 1.400 tenaga kuda (Tk)

Usut punya usut, rupanya mobil balap ini akan diturunkan untuk ajang drift yang bakal dikemudikan oleh Mad Mike, drifter asal Australia yang dikenal dengan keterampilannya di atas lintasan serta dalam mengoprek mesin.

Dilansir dari Carbuzz, tenaga 1.400 tk tersebut dihasilkan dari mesin rotari ini mengalami lonjakan yang begitu signifikan. Pada tahun lalu, tenaga yang dihasilkan dari mobil tersebut adalah sebatas 800 tk, atau naik sekitar 200 tk pada proyek terbarunya ini.

Sebelum diturunkan pada ajang drift, Mazda3 tersebut akan diujicobakan pada ajang Pikes Peak International Hill Climb. Hal ini untuk menguji durabilitas serta pengembangan yang lebih lanjut.

 

Dalam pengerjaannya, Mad Mike telah membekali jantung mekanis Mazda3 dengan penggunaan mesin Wankel empat rotor serta dikawinkan dengan twin-turbo Garrett G40.

Meski di atas kertas mesin tersebut mampu menghasilkan 1.400 tk, namun menurut Kawato, salah seorang engineer yang terlibat, tenaganya terpaksa dibatasi hingga 1.000 tk untuk mencegah adanya panas berlebih.

Tidak hanya persoalan jantung pacu yang membuat modifikasi tersebut menarik. Namun, drifter tersebut juga turut mengubah sistem penggerak Mazda3 hatchback menjadi rear wheel-drive (RWD) untuk memberikan performa yang mumpuni saat berada di atas lintasan drift.

Bicara mengenai ubahan lainnya, modifikasi tersebut turut menghadirkan jok balap karbon Bridge, sistem ECU Haltech, serta penggunaan roll cage untuk menambah keamanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Daftar Bengkel Konversi Motor Listrik di Indonesia

Konversi motor listrik saat ini masih sepi peminatnya. Padahal, program untuk mendorong peralihan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) ini juga sudah mendapatkan bantuan atau subsidi dari pemerintah sebesar Rp 7 juta.

Sedangkan untuk biayanya, untuk mengubah sepeda motor konvensional menjadi listrik ini, biaya yang dibutuhkan paling mahal Rp 17 juta, dengan subsidi Rp 7 juta, maka konsumen hanya perlu membayar Rp 10 juta.

Sementara itu, untuk bengkel konversi motor listrik yang tersedia saat ini, per 6 Juni 2023, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ada 24 bengkel yang telah mendapat sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

 

Berikut, 24 daftar bengkel konversi motor listrik di Indonesia:

1. BBSP-KEBTKE, Cipulir, Jakarta Selatan

2. PT Braja Elektrik Motor, ITS Surabaya

3. Elders Garage, Jakarta Selatan

4. Percik Daya Nusantara, Bali

5. PT Tri Mentari Niaga/ BRT, Bogor

6. PT Cogindo daya Bersama, Cirebon.

7. PT Mitra Metal Perkasa, Karawang

8. PT Ide Inovatif Bangsa, Jawa Barat

9. PT Spora EV, Jakarta

10. PT Sarana Makmur Sejahtera, Mojokerto

11. Juara Bike/Selis, Tangerang

12. PT Nagara Sains Konversi, Jakarta

13. PT Handhika Garda Parama, Jakarta

14. PT Strum Techology Asia, Jakarta

15. CV Karya Kartanagari Group, Bogor

16. Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta

17. PTDI-STTD, Bekasi

18. PT Electric Vehicle Trimotorindo

19. PT. Ekoelektrik Konversi Mandiri

20. DIKST ITS, Surabaya

21. PT Roda Elektrik Gemilang, Bali

22. PT Solusi Intek Indonesia, Bekasi

23. SMKN 2 Jember

24. SMK Muhammadiyah Kartasura.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini