Sukses

Ikan Lele Bantu Menjaga Kualitas Pengecatan dan Kesehatan Karyawan di Bengkel Body and Paint Auto2000

Liputan6.com, Bandung - Lele merupakan ikan air tawar yang mudah dijumpai dalam berbagai olahan makanan. Salah satunya adalah pecel lele yang menjadi menu favorit di Indonesia.

Ikan lele dikenal juga kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak omega. Keuntungan lainnya, ikan ini rupanya sangat mudah untuk dibudidaya.

Namun, siapa sangka ikan lele juga bisa ditemui fasilitas Body & Paint (BP) Auto2000 yang berlokasi di Jl. Soekarno – Hatta , Cibiru, Bandung.

Bengkel BP ini beroperasi di atas tanah seluas 19.646 m2 dengan luas bangunan 6.238 m2. Saat ini total memiliki 62 stall untuk perbaikan bodi dan pengecatan mobil Toyota.

Ikan lele ditempatkan di saluran air bengkel, tujuannya tentu bukan untuk dikonsumsi. Purwanto selaku Kepala Bengkel BP Auto2000 Bandung Cibiru menjelaskan bahwa keberadaan lele tersebut bisa untuk menjaga kualitas pengecatan dan juga kesehatan karyawan.

" Adanya ikan lele tersebut untuk mencegah adanya jentik-jentik nyamuk. Karena nyamuk yang hinggap di cat basah bisa merusak kualitas pengecatan mobil, apalagi jika nyamuknya terjebak di lapisan cat," ungkap Purwanto.

Nyamuk juga berpotensi menyebarkan penyakit yang berbahaya seperti demam berdarah. Dengan adanya lele sebagai predator alami, diharapkan bisa menjauhkan karyawan dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

2 dari 3 halaman

Berkunjung ke Fasilitas Express Body & Paint Auto2000, Perbaikan Fisik Mobil Diklaim Maksimal 8 Jam

Dealer Auto2000 Cibiru yang berlokasi di Jl. Soekarno – Hatta No 751, Cibiru, Bandung memiliki fasilitas Body & Paint (BP) terbesar dan terlengkap di area Jawa Barat.

Bengkel BP ini beroperasi di atas tanah seluas 19.646 m2 dengan luas bangunan 6.238 m2. Saat ini total memiliki 62 stall untuk perbaikan bodi dan pengecatan mobil Toyota.

Sejak resmi mendapatkan otorisasi dari Toyota, BP Bandung Cibiru sanggup mengerjakan kurang lebih 32 unit kendaraan per hari, atau sekitar 716 kendaraan per bulan, dengan persentase 83% perbaikan ringan, sisanya ada perbaikan menengah, dan perbaikan berat.

“Auto2000 berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada AutoFamily, termasuk urusan perbaikan bodi dan cat mobil Toyota yang membutuhkan treatment berkualitas dan terpercaya,” ungkap Romy Syaputra Kepala Cabang BP Auto2000 Bandung Cibiru, Kamis (25/5/2023).

Layanan Express Body & Paint Auto2000

Layanan Express Body Paint mengadopsi inovasi Toyota Production System (TPS). Dengan memanfaatkan dan mengimplementasikan TPS di proses pekerjaan perbaikan body, waktu menunggu diklaim maksimal 8 jam.

TPS merupakan sistem dimana terjadi proses yang terintegrasi baik flow proses, SDM maupun peralatannya sehingga pekerjaan perbaikan lebih terpadu, efektif dan efisien.

Dengan mengembangkan beberapa faktor penting diantaranya, pengelompokan pada tiap kategori kerusakan, kontrol waktu yang ketat, adanya line/rel untuk mempermudah pergerakan kendaraan yang sedang dikerjakan, pembagian pekerjaan teknisi dan alokasi stall khusus pada setiap proses pengerjaan perbaikan.

 

3 dari 3 halaman

Sistem Pengelolaan Limbah Auto2000 BP Bandung Cibiru

Guna mengurangi emisi gas buang bengkel, BP Cibiru selalu melakukan pengukuran limbah udara yang dikeluarkan secara berkala. Demi mendukung hasilnya tetap sesuai baku mutu yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), maka dilakukan analisa gas buang, perawatan combi booth, seperti penggantian filter-filter secara berkala, membuat sirkulasi udara yang memadai, dan pembersihan area pengecatan,

Selanjutnya, limbah cair tidak dapat dihindarkan dari proses pengecatan bodi kendaraan. Limbah pengecatan seperti cairan thinner bekas pencucian spray gun, juga dikelola dengan dikumpulkan di dalam drum. Cairan akan terpisah setelah beberapa lama, selanjutnya menjadi endapan di bagian bawah dan cairan thinner di bagian atasnya.

Cairan thinner ini dapat di-reuse sebagai cairan pembersih combi booth dari overspray (o/s). Sedangkan endapannya dibawa oleh transporter ke perusahaan pengelola limbah, untuk disuling kembali menjadi thinner siap pakai. Cara ini menciptakan zero waste cairan thinner sehingga tidak mengotori lingkungan.

Limbah pendempulan, juga dilakukan proses tata kelola yang baik dan dialirkan melalui saluran khusus IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah). Dempul yang menggumpal akan tertampung di dempul trap yang dikumpulkan dan dibawa oleh transporter ke perusahaan pengelolaan limbah. Airnya sendiri akan melewati beberapa proses filtrasi di IPAL, sehingga air yang dibuang menuju saluran umum sudah bersih atau tidak mencemari lingkungan, di mana debit air yang dibuang juga tercatat.

Selanjutnya yang terakhir ada limbah majun (kain perca) khususnya untuk pembersihan oli/thinner, juga dijadikan satu untuk dibawa transporter ke perusahaan pengelola limbah. Alhasil, praktis tidak ada limbah cairan tersisa di area bengkel untuk menjaga kelestarian lingkungan, termasuk lingkungan di wilayah sekitar bengkel.

“Berbagi lokasi dengan pelaku usaha dan residensial, Auto2000 BP Bandung Cibiru melakukan langkah nyata dalam mengurangi dampak negatif operasional bengkel terkait limbah cair dan udara dengan melakukan pengelolaan limbah yang sesuai aturan pemerintah,” pungkas Purwanto, Kepala Bengkel BP Auto2000 Bandung Cibiru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.