Sukses

Penampakan Calon Penantang Yamaha XSR 155 dan Kawasaki W175 dari Honda

Honda diketahui tengah menyiapkan model baru untuk menantang Yamaha XSR 155 ataupun Kawasaki W175.

Liputan6.com, Jakarta - Honda diketahui tengah menyiapkan model baru untuk menantang Yamaha XSR 155 ataupun Kawasaki W175. Hal itu diketahui setelah paten motor ini sudah didaftarkan Honda Motor Co., Ltd pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI.

Diperkirakan, model ini bakal diperkenalkan pada pertengahan 2023 atau awal tahun 2024. Pengajuan motor Honda terdaftar di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham, pada Berita Resmi Desain Industri No. 8/DI/2023 yang terbit pada tanggal 21 Februari 2023 lalu.

Paten motor Honda bergaya retro tersebut ditemukan dengan nomor permohonan A00202300613 dan menampilkan gambar utuh dengan beberapa bagian kendaraan terlihat seperti sisi samping kanan dan kiri, lampu utama, knalpot hingga motif ban yang digunakan.

Meski terdaftar tanpa nama, diduga kuat bahwa paten tersebut adalah motor Honda terbaru bergaya klasik yang memang disipakan Honda untuk bertarung dengan Yamah XSR 155 dan Kawasaki W175.

Sejauh ini belum diketahui apakah Honda membenamkan mesin terbaru atau sekadar mencomot engine dari Honda CB150.

Yang menarik, dari gambar yang dipatenkan tersebut menampilkan keseluruhan bodi. Desain tangki sekilah mengadopsi kepunyaan Honda CMX500 Rebel dengan tankpad di sisi kanan-kiri .

Seperti Yamaha XSR, motor Honda yang didaftarkan ini memiliki desain jok pendek dengan spakbor belakang cenderung panjang dengan stop lamp kotak di atasnya dan ditemani 2 buah sein di samping spakbor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Knalpot ke Arah Atas

Motor retro Honda yang dipatenkan tersebut memiliki stang yang nampaknya lebih tegak dari Yamaha XSR dan dipasangkan lampu utama bulat.

Desainnya sangat berbeda dari Honda CBF190TR yang dirilis Wuyang Honda, China, beberapa waktu lalu.

Jika knapot Honda CBF190TR menurun ke bawah, sebaliknya motor Honda retro yang dipatenkan memiiki knalpot besar yang memanjang ke kanan atas dengan pelindung panas di atasnya.

Dari gambar tersebut nampak motor baru Honda ini menggunakasn sepasang ban lebar dengan corak kembangan dual purpose.

Jika Yamaha XSR menggunakan shock upside down di depan dan monoshock di belakang, maka sebaliknya jagoan baru Honda ini masih memakai teleskopik dan dual shock di belakang. Mirip dengan Kawasaki W175. Sementara lengan ayun terlihat minimalis.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini