Sukses

4 Tips Meminang Mobil Bekas, Jangan Sampai Menyesal Setelah Beli

Mengingat harganya yang cenderung lebih murah, mobil bekas ini lebih ramah di kantong masyarakat pada umumnya. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa membeli mobil bekas juga ada risiko.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan mobilitas semakin meningkat seiring dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan mobil saat mudik Lebaran 2023 nanti, tak ada salahnya berburu mobil dari sekarang. Misalkan saja mulai mencari mobil bekas agar bisa digunakan nanti untuk pulang ke kampung halaman.

Mengingat harganya yang cenderung lebih terjangkau, mobil bekas ini lebih ramah di kantong masyarakat pada umumnya. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa membeli mobil bekas juga ada risikonya.

Sering kali, barang yang dijanjikan tidak sesuai dengan apa yang didapat. Oleh karena itu, sebelum beli mobil bekas terdapat beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa tips yang wajib dicatat sebelum membeli mobkas menurut Sundoro Edi, Founder Jasa Inspector Mobil Bekas:

1. Siapkan budget/uang lebih

Seperti yang telah disinggung tadi, membeli mobil bekas pasti ada resiko. Tidak seperti mobil baru, mobil bekas lebih berkemungkinan memiliki cacat/kendala. 

Maka dari itu, penting bagi konsumen mobil bekas untuk menyiapkan dana lebih untuk biaya perbaikan dan perawatan.

‘’Jangan lupa, rata-rata harga pasaran (mobil) itu berapa, kita harus lebihin uangnya Rp 5-10 juta buat perbaikan/perawatannya. Jadi kalo kita mau beli mobil yang harganya Rp 100 juta kita harus punya uang Rp 105 sampai 110 juta, " jelas Sundoro ketika dihubungi Liputan6.com.

2. Hindari mobil bekas tabrak

Mobil bekas kecelakaan juga sering kali ditemui pada mobil-mobil bekas. Sebisa mungkin hindarilah mobil-mobil seperti ini karena jika kerusakan cukup parah dapat berpengaruh pada kenyamanan berkendara.

“Kalo bekas tabrak itu bisa dilihat per panelnya, di bagian bodi kan ada celah-celah nya itu masih simetris ga? Jangan sampai di sisi kanan longgar tapi di kiri sempit,’’ ucap Sandoro.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Penting Membeli Mobil Bekas

3. Hindari mobil bekas banjir

Bukan hanya bekas tabrak, kasus mobil bekas banjir lu masih sering temukan. Dampaknya pun tidak dapat dianggap remeh, seringkali mobil bekas banjir memberi beragam masalah dan membuat pembelinya pusing.

Namun, mobil bekas banjir memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali mulai dari kondisi mesin sampai interior. Untuk mesin, salah satu cara untuk mengenalinya dapat dilihat dari kondisi oli.

"Mesin itu kan keliatan ya, kalau belum dibersihkan itu bakal ada yang namanya lumpur yang berasal dari oli campur air. Kalo dipegang rasanya kaya air berarti air sudah masuk ke ruang mesin,’’ lanjutnya.

Selain di bagian mesin, mobil bekas banjir juga memiliki endapan lumpur pada bagian interior. Meski sudah dibersihkan, terkadang sisa-sisa nya masih dapat terlihat di bagian-bagian yang sulit dijangkau.

"Kadang banyak lumpur di beberapa sisi, dari kabel-kabel, di sensor-sensor, karet-karet di pintu, di bawah-bawah kolong setir, lubang safety belt, dan di selah-selah tuas rem tangan,’’ ujar Edi.

4. Perhatikan reset kilometer

Reset kilometer sering kali jadi akal-akalan para penjual untuk membuat harga jual mobil bekasnya tetap tinggi. Kasus ini pun salah satu yang paling sering terjadi pada pembeli.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan karakter serta performa mobil tersebut. Jangan sampai mobil kilometer rendah memiliki karakter seperti mobil berkilometer tinggi.

"Kalau kilometer kita bisa liat dari riwayat servisnya di bengkel resmi. Kalau memang ga ada harus dicek berdasarkan kondisi fisiknya, jangan sampai km 10 ribu atau 20 ribu rasanya kaya km 150 ribu kan beda nih’’ pungkasnya.

Hal tersebut dapat dilihat dari penampakan interior, performa mesin, kaki-kaki, dan lain-lain. Maka itu, melakukan inspeksi sebelum membeli merupakan hal yang wajib.

"Banyak kejadian setelah diinspeksi baru ketahuan ada sesuatu, kan tidak bisa dikembalikan juga kalau tak ada perjanjian,’’ ungkap Edi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.