Sukses

Belajar dari Ustaz Yusuf Mansur Alami Pecah Ban, Berikut 5 Tips Menghadapi Jalan Berlubang

Mobil yang ditumpangi Ustaz Yusuf Mansur mengalami pecah ban di jalan tol karena menghantam jalan berlubang. Hal ini terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 65. Ustaz Yusuf Mansur mengungkapkan kronologi kejadian ini di akun Instagramnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang ditumpangi Ustaz Yusuf Mansur mengalami pecah ban di jalan tol karena menghantam jalan berlubang. Hal ini terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek KM 65. Ustaz Yusuf Mansur mengungkapkan kronologi kejadian ini di akun Instagramnya.

Ia mengaku menggunakan mobil travel dengan tujuan Bandung. Mobil yang ditumpanginya menghantam lubang hingga dua kali, lalu bannya robek.

"Di tol, lobangnya dahsyat. Ban mobil ampe robek, dan di sepanjang jalan, terlihat mobil-mobil ngalamin serupa. Alhamdulillah. Insyaallah bisa segera diatasi oleh pemerintah terkait sebelum makin banyak korban. Sekitar Km 65 arah Bandung," tulis Ustaz Yusuf Mansur di akun Instagramnya, Minggu (26/2/2023).

Berdasarkan pengalaman Ustaz Yusuf Mansur mengalami pecah ban, tentu dibutuhkan kewaspadaan ekstra ketika menghadapi jalan berlubang. Dilansir laman Wuling Indonesia, berikut 5 cara aman mengendarai mobil di jalanan berlubang dan rusak.

1. Jaga Jarak

Berkendara dengan menjaga jarak tidak hanya diterapkan saat jalan berlubang. Dengan menjaga jarak, setidaknya bisa mengantisipasi jika melihat ada lubang. Selain itu juga Anda bisa mengurangi dampak akan bebatuan yang mungkin terpental akibat terlindas kendaraan di depan. Anda juga bisa mengerem secara halus ketika melihat jalan berlubang di depan dan tidak membahayakan kendaraan di belakang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Menghadapi Jalan Berlubang

 

2. Pandangan Fokus ke Depan

Visibilitas menjadi hal yang tak kalah penting. Jangan alihkan fiokus ketika berkendara. Kehilangan fokus saat berkendara bisa membuat pengemudi tak menyadari ada lubang di jalan.

Posisi tangan berada pada posisi angka pada jam 9 dan 3. Posisi itu disebut posisi terbaik pada kemudi setir karena bisa mengontrol mobil dengan baik pada posisi tersebut.

3. Jangan Asal Bermanuver

Demi menghindari lubang, ada beberapa pengendara yang langsung bermanuver dengan membelokkan kendarannya. Manuver untuk menghindari lubang memang sah-sah saja dilakukan, tapi ada baiknya untuk memastikan kondisi jalan di sekitar sepi sehingga tak membahayakan pengguna jalan lain.

Daripada asal bermanuver, sebaiknya pelankan laju kendaraan dan tetap melewati jalanan rusak dan berlubang tersebut. 

4. Jangan Ngebut

Kemudikanlah kendaraan sesuai dengan kecepatan yang dianjurkan di ruas jalan tersebut. Menghantam lubang saat kendaraan dikemudikan dalam kecepatan tinggi juga dapat memberikan dampak buruk pada suspensi mobil.

5. Waspada Genangan Air

Saat musim hujan seperti saat ini, banyak jalanan yang tergenang air. Genangan-genanangan itu patut diwaspadai lantaran bisa saja itu merupakan jalanan berlubang.

Karena tertutup air, bisa saja lubang tersebut cukup dalam. Jika memungkinkan lebih baik menghindari genangan itu. Tapi jika tidak, pelankan laju kendaraan dan jangan mengerem mendadak.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.