Sukses

Suzuki Akan Rilis 8 Model Sepeda Motor Listrik Mulai 2024 hingga 2030

Suzuki akan merilis sepeda motor listrik pertamanya pada 2024. Proyek ini mereka sebut sebagai "FY2030 growth strategy’".

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki mengambil langkah yang cukup serius untuk pengembangan kendaraan listrik. Salah satunya dengan meninggalkan MotoGP pada 2022 setelah Grand Prix Spanyol, untuk memfokuskan sumber daya yang dimiliki menggarap solusi tenaga alternatif bebas bahan bakar fosil.

Suzuki pun akan merilis sepeda motor listrik pertamanya pada 2024. Proyek ini mereka sebut sebagai "FY2030 growth strategy’".

Suzuki mengumumkan rencana ini akan dimulai dengan diperkenalkannya motor listrik berkapasitas kecil hingga menengah pada 2024. Pada 2030, Suzuki menargetkan telah memiliki delapan model sepeda motor listrik.

Dikutip dari visordown.com, dalam siaran persnya Suzuki mengatakan, "Pihak kami sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi bahan bakar netral karbon untuk sepeda motor besar."

Selain motor listrik, Suzuki juga tidak melupakan kendaraan roda empatnya. Pihak produsen kendaraan ini mengatakan bahwa mobil berbasis baterai elektrik akan mulai masuk pada anggaran 2024.

Selain baterai, Suzuki juga menjajal CNG (biogas yang diambil dari kotoran sapi di India) dan bahan bakar campuran etanol sebagai alternatif bahan bakar fosil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suzuki Berencana Hadirkan Jimny Listrik

Mengejar era elektrifikasi yang semakin bergerak cepat, Suzuki berencana untuk menghadirkan lebih banyak model mobil listrik. Dalam presentasi yang diungkap pabrikan asal Jepang ini, salah satu model yang bakal hadir dengan versi ramah lingkungan adalah Jimny.

Disebutkan juga, Suzuki akan memperkenalkan lima mobil listrik pada 2024. Namun, tidak disebutkan model mana yang akan diluncurkan terlebih dahulu, dan mana yang belakangan.

Selain itu, dalam presentasi tersebut juga terungkap beberapa siluet beragam mobil listrik.

Terdapat gambar yang menujukan model yang mirip dengan mobil ikonik pabrikan berlambang 'S' tersebut, dengan menunjukan grill yang menyala dan interpretasi LED moden dari lampu depan mobil yang bulat.

Tidak ada spesifikasi detail terungkap, namun struktur Suzuki Jimny listrik ini sepertinya akan tetap menggunakan ladder frame dan tetap mengusung penggerak roda empat.

Suzuki Jimny juga akan hadir dengan versi hybrid, dengan menggunakan mesin Vitara hybrid.

Secara rinci, untuk versi Suzuki jimny mild hybrid akan menggunakan mesin bensin 1,4 liter turbocharged dan hybrid murni dipersenjatai mesin 1,5 liter.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.