Sukses

Toyota Indonesia Pastikan Ekspor Kijang Innova Zenix Hybrid Dimulai Tahun Ini

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dipastikan bakal melakukan ekspor untuk model elektrifikasi terbarunya, Kijang Innova Zenix hybrid

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dipastikan bakal melakukan ekspor untuk model elektrifikasi terbarunya, Toyota Kijang Innova Zenix hybrid. Meskipun, memang belum disebutkan secara detail, kapan dan berapa jumlahnya untuk pengiriman MPV ke pasar luar negeri tersebut.

"Tahun ini, kita akan ekspor Kijang Innova Zenix, tunggu saja tanggal mainnya. Ini untuk dua-duanya, baik konvensional maupun hybrid," jelas Bob Azam, Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN, di Jakarta.

Sementara itu, untuk negara tujuan ekspor Toyota Kijang Innova Zenix ini memang detailnya belum terungkap. Pria ramah ini hanya membocorkan negara tujuan ekspor kendaraan listriknya ini tidak berbeda jauh dengan mobil konvensional yang sudah terlebih dahulu dikirim.

"Ekspor terutama Timur Tengah, Asia, dan yang baru ke Afrika (Selatan)," tegas Bob.

Sebagai informasi, kinerja ekspor Toyota brand sendiri pada tahun lalu mencatatkan peningkatan yang cukup signifikan. Secara total, pabrikan asal Jepang tersebut mampu mengirim sebanyak 97 ribu unit periode Januari hingga Desember 2022.

Total ekspor tahunan Toyota ini menjadi yang paling tertinggi, sejak jenama asal Negeri Matahari Terbit ini melakukan ekspor perdana ke Brunei Darussalam pada 1987.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan ekspor

Pencapaian ini juga menunjukan peningkatan sebesar 58 persen dibandingkan dengan kinerja ekspor periode sebelumnya atau 2021.

Selain itu, ekspor Toyota Indonesia ini juga berkontribusi sebesar 63 persen terhadap total ekspor completely built-up (CBU) secara nasional sebesar 473.602 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.