Sukses

PLN Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama di Jambi

Guna memberikan kenyamanan kepada para pemilik mobil listrik, PLN terus berbenah dan menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai wilayah di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Guna memberikan kenyamanan kepada para pemilik mobil listrik, PLN terus berbenah dan menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai wilayah di Tanah Air.

Sebagai fasilitas terbarunya, PLN akhirnya meresmikan SPKLU pertamanya di Provinsi Jambi, di mana lewat hadirnya layanan tersebut diharapkan akan mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Lewat hadirnya SPKLU tersebut, Gubernur Jambi, Al Haris, menjelaskan bahwa kehadiran fasilitas ini membuat masyarakat khususnya di Provinsi Jambi kini tak perlu lagi untuk menggunakan kendaraan listrik.

“Kami berharap masing-masing daerah di Jambi nantinya bisa menyiapkan segala perangkatnya seperti SPKLU. Dengan begitu akan semakin banyak masyarakat beralih ke kendaraan listrik,” ucap Haris.

Di samping itu, melalui kehadiran fasilitas pengisian baterai kendaraan listrik tersebut, akan menjadi pioneer dan kedepannya akan terus bertambah untuk memberikan kenyamanan kepada para pemilik mobil listrik di wilayah tersebut.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN UID S2JB Amris Adnan mengatakan, kehadiran SPKLU perdana di Jambi bukti keseriusan PLN mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik dalam rangka transisi energi.

SPKLU di Jambi ini merupakan yang ke-5 di wilayah kerja Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu dan sebagai titik awal percepatan ekosistem kendaraan listrik.

“Hadirnya SPKLU di Jambi menjadi wujud komitmen PLN UID S2JB dalam percepatan ekosistem kendaraan listrik dan mendukung transisi energi. Ekosistem kendaraan listrik  diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target emisi karbon Indonesia sebesar 29 persen di tahun 2030 dan net zero emission atau nol emisi karbon di tahun 2060,” kata Amris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibekali dengan Fitur Fast Charging

SPKLU pertama di Jambi ini juga tersedia dalam dua mode pengisian baterai, fast charging dan medium charging. Untuk lebih memberikan kemudahan kepada pemilik kendaraan listrik, PLN juga turut menghadirkan layanan home charging agar mereka dapat lebih leluasa mengisi baterai kendaraan di rumah masing-masing.

Untuk layanan ini,  tambah Amris, PLN tidak hanya membantu perangkat home charging, tetapi juga memberikan insentif bagi pengguna kendaraan listrik berupa diskon tarif listrik 30 persen khusus pengisian daya pada pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB.

“Jika ingin leluasa mengisi daya dari rumah, PLN memiliki layanan home charging. Penggunaannya sangat mudah melalui aplikasi PLN Mobile,” tandas Amris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.