Sukses

Genesis Electrified G80 Sabet Predikat Top Safety Pick+ dari IIHS

Genesis Electrified G80 mendapat rating sangat baik dalam sebuah uji tabrak yang dilakukan Insurance Institute of Highway Safety (IIHS). Sedan listrik asal Korea Selatan ini diganjar predikat Top Safety Pick+ (TPS+).

Liputan6.com, Jakarta - Genesis Electrified G80 mendapat rating sangat baik dalam sebuah uji tabrak yang dilakukan Insurance Institute of Highway Safety (IIHS). Sedan listrik asal Korea Selatan ini diganjar predikat Top Safety Pick+ (TPS+).

Predikat diberikan lantaran Genesis Electrified G80 mampu memperoleh rating ‘good’ di enam kategori safety, yang terdiri dari rintangan kecil pengemudi, rintangan kecil penumpang depan, tabrakan frontal, tabrakan sisi, kekuatan atap dan head restraint.

Sementara nilai ‘superior’ diraih untuk tes frontal collision prevention system. G80 mampu menunjukkan hasil sangat baik dalam mengantisipasi tabrakan dengan mobil maupun pejalan kaki.

Mobil listrik yang sempat menjadi tunggangan para pemimpin negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali memang mempunyai segudang fitur semi-otonom.

Mulai dari Lane Following Assist/Lane Keeping Assist, Blind Spot Collision-Avoidance, Forward Collision-Avoidance Assists, Forward Attention Warning, sampai Safe Exit Assist

Khusus uji sektor penerangan, sayangnya meraih rating ‘acceptable’ untuk seluruh trim. IIHS menemukan visibilitas low beam di sisi kanan kurang memadai.

Meski kondisi ini bisa dikompensasi oleh high beam assist saat di jalan lurus dan manuver ke kiri. Namun, high beam juga menunjukkan kekurangan dalam memberikan pencahayaan saat menikung ke kanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melengkapi Rekor Histori

Reduksi poin juga disumbang pengingat sabuk pengaman G8 dan penambat rear child seat. Diungkapkan penguncian kursi anak membutuhkan tenaga besar, dan posisi jangkarnya terlalu dalam.

Hasil memuaskan tersebut sudah sepatutnya didapat G80 Electrified. Mengingat banderolnya mencapai sekitar Rp1,2 miliar. Ia bersaing dengan BMW 5 Series, Mercedes E-Class dan Audi A6 yang turut mendapat predikat keselamatan tertinggi dari IIHS.

Capaian ini sekaligus melengkapi rekor histori Genesis. Lantaran tak hanya G80 baik listrik dan peminum bensin, penghargaan sama juga didapuk ke sedan G70, GV60 EV, GV70 maupun GV80.

IIHS sendiri merupakan organisasi non-profit yang berdiri pada 1959. Mereka mengkompilasi seluruh tes performa tabrakan, safety dan pengantisipasi kendaraan yang keluar di pasar Amerika Serikat. Kategori TSP+ merupakan versi lebih ketat dari Top Safety Pick (TSP) yang diinisiasi sejak 2013.

Sebelumnya TSP mulai diberikan pada 2006. Kemudian pada 2020, IIHS memutuskan melakukan pengetatan kualifikasi untuk keduanya. Hal ini pun menyebabkan daftar penerima TSP+ pada tahun itu menjadi sangat sedikit dibanding 2019.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini