Sukses

Daftar Harga Motor Listrik Jika Insentif Rp 8 Juta Sudah Berlaku

Rencana besaran insentif untuk setiap pembelian kendaraan listrik sudah diumumkan oleh pemerintah. Pemberian insentif ini diharapkan bisa mempercepat transisi ke kendaraan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Rencana besaran insentif untuk setiap pembelian kendaraan listrik sudah diumumkan oleh pemerintah. Pemberian insentif ini diharapkan bisa mempercepat transisi ke kendaraan listrik.

Khusus motor listrik, pemerintah menetapkan dua peraturan. Pertama adalah pembelian motor listrik yang mendapatkan potongan harga Rp 8 juta. Lalu konversi motor konvensional menjadi motor listrik sebesar Rp 5 juta.

“Untuk motor listrik itu akan diberikan insentif sebesar Rp 8 juta, sementara motor konversi menjadi motor listrik akan diberikan insentif sekitar Rp 5 juta,” imbuh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, seperti dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan adanya insentif harga, membeli motor listrik menjadi pilihan yang menarik. Terutama harga barunya yang lebih kompetitif dibanding motor konvensional.

Berikut pilihannya:

1. Alva One

Alva One pertama kali diperkenalkan ke publik pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Motor ini mengandalkan electric motor dengan daya 5.4 PS dan torsi 46.5 Nm.

Kecepatan maksimal Alva One mencapai 90 km/jam dengan klaim jarak tempuh sejauh 70 km dalam sekali pengecasan. Alva One bisa dibanderol Rp 26,99 juta dengan adanya insentif harga, turun dari banderol awal Rp 34,99 juta.

2. Gesits

Gesits bisa dibilang sebagai salah satu motor listrik yang cukup populer di Indonesia. Motor bergaya mirip Honda Vario ini memiliki daya 6.7 hp dengan torsi puncak 30 Nm. Kecepatan maksimalnya adalah 70 km/jam.

Gesits mengklaim motor mereka mempunyai jarak tempuh 50 km dengan satu baterai atau bisa mencapai 100 km dengan dua baterai. Harga Gesits bisa turun menjadi Rp 20,7 juta, dari harga awal Rp 28,7 juta dengan adanya kebijakan baru tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Viar Q1

Viar Q1 kerap ditemui di jalan raya, dikendarai oleh pengemudi ojek online. Motor ini juga menjadi salah satu kendaraan fleet salah satu aplikasi ojek online (Ojol) ternama di Indonesia.

Secara spesifikasi, Viar Q1 mempunyai jarak tempuh 60 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Viar Q1 bisa dipinang dengan mahar Rp 13 jutaan dengan adanya insentif, turun dari harga awal sebesar Rp 21 jutaan.

4. Polytron Fox-R

Polytron Fox-R diperkenalkan ke publik pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Fox-R dibekali electric motor berdaya 3 kW dengan klaim kecepatan maksimum mencapai 90 km/jam dan mempunyai jarak tempuh 130 km.

Polytron Fox-R bisa dijual dari situs resminya dengan harga Rp 18 juta. Dengan adanya insentif kendaraan motor listrik, maka banderolan motor ini bisa turun menjadi Rp 10 juta saja.

5. United TX1800

United TX1800 hadir sebagai motor listrik bergaya all-terrain, dengan desain menarik serba adventure. Motor ini bisa melaju hingga kecepatan maksimal 75 km/jam dengan jarak tempuh sejauh 65 km.

Dengan harga baru Rp 33,9 juta, United TX1800 bisa dipinang dengan banderolan Rp 25,9 juta setelah mendapatkan insentif harga dari pemerintah.

6. NIU Gova 05

NIU Gova 05 debut perdana pada acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Scooter berukuran ramping ini mempunyai spesifikasi mumpuni, di mana kecepatan maksimalnya mencapai 85 km/jam dan bisa menempuh jarak sejauh 72 km.

Harga motor ini menjadi lebih menarik jika mendapatkan insentif harga dari pemerintah. NIU Gova 05 dijual dengan harga Rp 16,9 juta di berbagai situs e-commerce. Artinya motor ini bisa dipinang dengan mahar Rp 8,9 juta, setelah adanya insentif.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.