Sukses

Dukung KTT G20, Hyundai Serahkan 393 Unit Mobil Listrik Genesis Electrified 80 dan IONIQ 5

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebagai penyedia kendaraan listrik untuk delegasi KTT G20 di Indonesia resmi melakukan Handover Ceremony Genesis Electrified G80 dan Hyundai IONIQ 5 kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Liputan6.com, Jakarta PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebagai penyedia kendaraan listrik untuk delegasi KTT G20 di Indonesia resmi melakukan Handover Ceremony Genesis Electrified G80 dan Hyundai IONIQ 5 kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Sebanyak 393 unit mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan Genesis G80 diserahkan untuk mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali yang berlangsung pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang. Acara ini dihadiri oleh CEO Hyundai Motor Pacific HQ Lee Kang Hyun, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-Sung, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Tennis Indoor Senayan, Selasa (25/10/2022).

Membuka acara ini, Young Tack Lee selaku President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters mengungkapkan rasa bangganya kepada Indonesia yang menjadi tuan rumah KTT G20. 

"Karena itu kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk keberlangsungan dan kesuksesan acara ini. Dukungan penyediaan mobil listrik Hyundai dan Genesis sebagai kendaraan resmi delegasi G20 menjadi bukti dan komitmen kami sebagai perusahaan otomotif yang mendukung akselerasi mobilitas dan era elektrifikasi di Indonesia," jelasnya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang hadir pada acara ini mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Hyundai yang telah mendukung Indonesia untuk mempersiapkan KTT G20 di Bali. 

"Terima kasih karena Hyundai telah menyediakan 393 kendaraan listrik dan itu adalah jumlah terbesar yang disediakan. Terutama karena juga telah menyediakan edisi khusus bagi kepala negara untuk G20, yaitu Genesis Electrified G80," ungkapnya.

"Bagi kami, G20 adalah momentum yang sangat bagus untuk menunjukkan bahwa kami bergerak untuk energi bersih, bergerak untuk ekonomi hijau, terutama untuk mengembangkan ekosistem untuk manufaktur kendaraan listrik," tambahnya.

Selain acara penyerahan Hyundai IONIQ 5 dan Genesis Electrified G80, dilakukan juga sesi test-drive untuk kedua kendaraan tersebut kepada para tamu undangan. Mensesneg Pratikno yang turut mencoba Genesis Electrified G80 mengungkapkan rasa senangnya.

"Ini mobil special edition, lebih panjang, aksesoris di dalamnya juga ada tulisan G20, karpetnya, dindingnya, jadi bagus sekali," katanya.

Sebagai informasi, Hyundai menyediakan 44 unit Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase yang diproduksi secara eksklusif di Korea untuk G20, ditandai dengan logo G20 pada pilar, 87 unit Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase, serta 262 unit Hyundai IONIQ 5 yang diproduksi di Indonesia. 

Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase akan digunakan sebagai kendaraan VVIP, sedangkan Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase, dan Hyundai IONIQ 5 akan digunakan untuk keperluan lain, seperti kendaraan untuk pasangan dari rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Hyundai Pada KTT G20

Komitmen dan dukungan Hyundai pada KTT G20 dimulai pertama kali ketika Hyundai Motor Group menggelar kegiatan bertajuk 'The Future EV Ecosystem for Indonesia' yang diadakan di akhir tahun 2021. Dalam kesempatan itu, Hyundai mengungkapkan penunjukan Genesis G80 Electrified sebagai kendaraan resmi bagi seluruh pemimpin negara yang menghadiri KTT G20.

Selain menyediakan mobil listrik, Hyundai juga mengadakan G20 Driver Training di bulan September (21/9/2022) yang berlokasi di Hyundai Training Academy. Latihan tersebut sebagai pengenalan fungsi kendaraan serta pengalaman berkendara bagi personel Paspampres dan TNI. Pelatihan ini memungkinkan peserta untuk merasakan secara langsung performa, kenyamanan, dan keamanan dari Genesis Electrified G80 dan Hyundai IONIQ 5.

Tak sampai di situ, para personel Paspampres juga mendapatkan materi dan praktik langsung, seperti pengetahuan mengenai produk, ragam fungsi fitur, serta teknologi terbaru yang ada pada kedua mobil listrik. Mereka juga dibekali dengan pelatihan pencegahan insiden darurat yang mungkin terjadi pada mobil dan bagaimana cara mengatasinya.

3 dari 3 halaman

Merek Otomotif Mewah

Genesis merupakan merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group yang memberikan standar tertinggi dalam hal performa, desain, keamanan, inovasi, dan secara bersamaan terus mendorong masa depan yang berkelanjutan. Dengan lini model produk mewah yang terus bertumbuh, Genesis menargetkan posisi sebagai pemimpin di era elektrifikasi. 

Electrified G80 adalah model mobil listrik premium pertama dari Genesis yang ditunjuk sebagai mobil VIP resmi untuk pejabat negara di KTT G20 dan menghadirkan standar baru untuk sedan listrik mewah karena performa dan teknologi tingkat tinggi.

Pada bagian eksterior, model ini memiliki bentuk yang menarik perhatian dengan gril aerodinamis berupa pola G-Matrix terbalik khas Genesis. Sedangkan di sisi interior, Genesis menghadirkan interior terbaik di kelasnya dengan konsep ‘Beauty of White Space’ dilengkapi material ramah lingkungan di seluruh bagian interior yang terus menghadirkan nilai-nilai keberlanjutan yang ingin direalisasikan oleh Genesis.

Sedangkan, IONIQ 5 merupakan mobil listrik mid-size dari Hyundai yang mendapatkan sambutan luar biasa sejak mobil ini diluncurkan. Kehadiran IONIQ 5 merupakan terobosan baru dan langkah bersejarah bagi industri otomotif Tanah Air karena merupakan mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai, Cikarang, Jawa Barat.

IONIQ 5 menghadirkan desain futuristik dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

Kerja sama yang terbangun antara Pemerintah Indonesia dengan Hyundai Motor Group sejalan dengan komitmen untuk mengurangi Net Zero Emission pada 2060. Selain itu, kerja sama ini juga terus mendorong pengembangan kendaraan listrik dengan target penghentian penjualan sepeda motor konvensional pada 2040 dan mobil konvensional pada 2050.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini