Sukses

Mobil Pintar Hasil Kolaborasi Honda dan Sony Dijadwalkan Rilis di CES 2026

Setelah desas desus mengenai mobil pintar yang diproduksi berkat hasil kolaborasi Honda dan Sony, kini mulai tersingkap sedikit demi sedikit.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah desas desus mengenai mobil pintar yang diproduksi berkat hasil kolaborasi Honda dan Sony, kini mulai tersingkap sedikit demi sedikit. Dalam sebuah informasi resminya, mereka menjelaskan model pertama tersebut akan diluncurkan dalam empat tahun dari sekarang dan akan memulai debutnya pada pameran Consumer Electonic Show (CES) 2026.

Nantinya, setelah mobil tersebut masuk dalam jalur produksi, pasar pertama yang akan dituju oleh mereka adalah Amerika Utara. Setelah itu, Honda dan Sony telah sepakat untuk mengekspor mobil pintar tersebut ke Jepang.

Melalui keterangan resminya, CEO Sony Honda Mobility, Yasuhide Mizuno, menjelaskan bahwa tujuan dari hadirnya mobil pintar tersebut bukanlah untuk diproduksi secara massal. Tetapi, ia menyebutkan bahwa nantinya produk ini akan menghadirkan produk yang bernilai tinggi.

Salah satu teknologi yang nantinya akan dipamerkan antara lain adalah otonom, augmentasi dan afinitas.

Entitas baru iniakan berfokus pada pengembangan perangkat lunak serta dapat menghasilkan dan menawarkan layanan berbasis langganan kepada pelanggannya.

Meski sampai saat ini mereka masih menyimpan rapat terkait informasi mobil pintar tersebut, namun nantinya kendaraan ini akan dibekali dengan beberapa teknologi Sony.

Adapun fitur unggulan tersebut antara lain adalah memberikan fitur hiburan dalam mobil, software berbasis cloud, serta ditanamkan sensor untuk dapat mengemudi secara otonom.

Dari klaim mereka, mobil ini mampu menjalankan otonom Level 3 di bawah skenario tertentu dan menawarkan Level 2+ dalam lebih banyak situasi termasuk mengemudi perkotaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Honda Bertugas Pengembangan Teknik Mobil

Sementara itu, Honda, memiliki peran sesuai keahliannya yakni untuk mengurusi bidang teknik, manufaktur, dan dukungan purna jual.

Namun sayang, beberapa informasi terkait seperti dirakit di pabrik mana, platform EV apa yang akan digunakan, serta siapa yang akan menjadi pemasok baterai, belum diungkapkan secara gamblang oleh kedua belah pihak.

Sebagai tindak lanjut dari beberapa teaser yang sudah mereka tampilkan, nanti pada gelaran CES 2023, Honda akan menampilkan bentuk lain dari mobil tersebut.

Honda dan Sony memiliki rasa percaya diri terkait model barunya, ini bisa terlihat mereka telah mengonfirmasi bahwa bagi konsumen yang ingin memboyong mobil tersebut, bisa melakukan pre-order pada pertengahan tahun 2025.

Nantinya, bagi konsumen yang telah melakukan pemesanan akan mendapatkan unit pada musim semi 2026.

3 dari 3 halaman

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.