Sukses

Gandeng TKDN, Bus New Armada Kini Dilengkapi Teknologi Keselamatan Canggih

Salah satu karoseri bus di Indonesia, New Armada resmi menjalin kerjasama dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) untuk menyematkan teknologi keselamatan canggih, TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu karoseri bus di Indonesia, New Armada resmi menjalin kerja sama dengan PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) untuk menyematkan teknologi keselamatan canggih, TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet). Bus tersebut, dipamerkan di Busworld Southeast Asia, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 5 sampai 7 Oktober 2022.

Fitur keselamatan yang terpasang, antara lain perangkat IoT MDVR, CCTV, Blind Spot Detection, Advance Driver Assistant System, Driver Safety Monitoring, Multi Touch panel, dan Blackbox.

Masing-masing perangkat tersebut terintegrasi dalam sistem solusi management transit, dan dilengkapi teknologi IoT terkini yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan yang terbukti meningkatkan keselamatan armada, penumpang dan pengemudi.

Salah satu perangkat yang dipamerkan, yaitu Driver Safety Monitoring (DSM), dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Begitu juga perangkat Blind Spot Detection yang menggunakan 3D depth camera with AI yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan di sekitar armada dengan keakuratan mencapai 95 persen sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Perangkat lain dari TAM Fleet seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) bahkan dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan.

“Sesuai dengan slogan yang diusung, Empowering Management Through Technology, PT TKDN mendukung pentingnya keselamatan armada demi peningkatan kualitas layanan melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT dan AI yang terintegrasi,” jelas David Santoso, Direktur Utama PT TKDN, dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (6/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampilan bus New Armada

Sementara itu, New Armada yang merupakan salah satu karoseri terbesar di Indonesia tak hanya memperkenalkan produk terbaiknya, tapi juga kreasi bus terbarunya, yaitu Citouro Medium City dan Luxury Big Bus Skylander R22.

Khusus Citouro Medium City Bus, hadir dengan keseluruhan desain Modern & Dynamic Look untuk menunjang dunia yang semakin modern dan dinamis. Tampilnya yang stylish dengan nuansa keseluruhan modern disertai new headlight design menambah kesan confidence pada siapapun yang melihat pada area fascia depan.

Pada area samping tampil berbeda dengan side window graphic yang menyiratkan kesan dinamis sehingga area fascia belakang, disertai LED light side untuk menonjolkan keseluruhan kesan modern sebagai Urban Transportation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.