Sukses

Toyota Sienta Terbaru Resmi Diperkenalkan, Pakai Air Circulator Seperti Calya

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Sienta model terbaru resmi diluncurkan oleh Toyota Motor Corporation Japan pada Selasa (23/8). MPV yang mengadopsi sistem pintu geser ini mendapatkan penyegaran pada sisi  desain eksterior, interior hingga fitur.

Sienta pertama kali diperkenalkan secara global pada September 2003. Dan menjadi kendaraan yang menawarkan kabin lapang khas minivan untuk tujuh orang penumpang. Selain itu dimensinya juga kompak, cocok untuk penggunaan perkotaan. Keunggulan ini juga yang dipertahankan tim pengembangan Sienta untuk model terbaru.

Beberapa faktor kunci dipertahankan. Seperti dimensi panjang yang bisa diandalkan, fitur keamanan dan keselamatan, konsumsi bahan bakar yang irit serta harga terjangkau. Sama seperti generasi pertamanya. Baris kedua juga ditingkatkan kenyamanannya untuk memberikan ruang yang lebih lega bagi baris ketiga. Platform TNGA juga digunakan untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Perubahan eksteriornya cukup drastis. Sienta kini memperlihatkan garis tegas minivan dengan penggunaan kaca berukuran besar. Toyota menggunakan desain bulat dan mengotak di beberapa bagian yang disebut sebagai bahasa desain “Shikakumaru”. Desain membulat terlihat dari headlamp LED di depan berukuran besar dan cenderung cembung. Di bagian belakang, stoplamp LED berukuran besar ditempatkan vertikal di pilar belakang.

Masuk ke dalam, interior Sienta terbaru sedikit mengingatkan Voxy anyar. Lagi-lagi pendekatannya menggunakan bahasa desain Shikakumaru. Mengesankan kabin simpel dengan banyak ruang penyimpanan tersebar untuk kebutuhan keluarga. Toyota memberikan tiga nuansa interior berbeda, yakni warna cerah fromage, hitam serta khaki.

Plafon kabin ditingkatkan 20 mm dari generasi sebelumnya. Toyota juga mendesain ulang beltline yang lebih rendah untuk memberikan kesan luas jika digabungkan dengan kaca jendela berukuran lebar. Di baris kedua, tinggi atap sekitar 1.000 mm atau bertambah 80 mm dari model terdahulu untuk menambah ruang kepala. Yang aneh, penggunaan air ceilling circulator seperti Toyota Calya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Pintu Geser

Perubahan lainnya, Sienta terbaru menawarkan pintu geser yang kini terbuka hingga 1.200 mm atau meningkat 60 mm dari model sebelumnya. Ini untuk memudahkan proses keluar masuk kendaraan. Untuk kenyamanan akses, Toyota juga memberikan fitur kick sensor untuk membuka power sliding door di kiri maupun kanan hanya dengan mengantongi kunci FOB.

Kemudahan akses masuk lain, pintu belakang Sienta makin terbuka lebar 15 mm dibanding model terdahulu. Bagasinya bertambah tinggi 20 mm untuk membawa barang yang lebih banyak. Toyota menggambarkan pemilik mampu membawa sepeda dengan ban berukuran 27 inci dengan mudah ke dalam bagasi. Tentu ruang bagasi ini bisa ditambah dengan melipat kursi baris kedua.

Kenyamanan jok dengan bahan fabrik mendapatkan sentuhan fitur daun talas untuk kemudahan membersihkan kotoran. Gantungan baju hadir di armrest kursi pengemudi serta port USB C untuk kemudahan pengisian daya di beberapa titik.

Fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) tentu ada. Terdiri dari pre-collision safety system, serta proactive driving assist. Fitur terakhir ini membantu pengemudi untuk berkendara aman di berbagai kondisi jalan. Terdapat avoidance steering assist serta deselerasi otomatis saat terlalu dekat dengan pejalan kaki, pesepeda atau kendaraan lain yang tengah parkir.

 

3 dari 3 halaman

Platform TNGA

Platform TNGA (GA-B) menawarkan bodi yang lebih rigid yang juga membuat pengendalian lebih seimbang untuk kenyamanan berkendara juga pengendalian yang stabil. Toyota juga meningkatkan kenyamanan berkendara juga kekedapan kabin lewat high damping structural adhesive pada sealer di bagian atap kendaraan. Suspensi MacPherson Strut di depan dan torsion beam di belakang menciptakan berkendara nyaman dengan ukuran turning radius hanya 5 meter.

Sienta terbaru ada varian hybrid. Tepatnya seri paralel hybrid system. Menggunakan mesin 1.5L Dynamic Force Engine berkode M20A-FKAS dengan penggerak E-Four System untuk berbagai kondisi perjalanan. Opsi lain, Sienta juga hadir dengan penggerak dua roda dengan mesin 1.5L berkode M15A-FKS. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi Direct Shift CVT 10 percepatan Sport Sequential Shiftmatic yang diklaim menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih baik.

Harga Sienta anyar ditawarkan mulai 1,95 juta Yen atau sekitar Rp211 juta. Model teratas ditawarkan 3,108 juta yen atau sekitar Rp337 jutaan. Toyota juga menyediakan model welcab yang terdiri dari tiga tipe. Tipe 1 untuk penggunaan baris kedua dengan undakan tambahan untuk kursi roda serta suspensi udara di bagian belakang. Tipe 2 diperuntukkan untuk anak-anak dengan kursi roda. Ditawarkan mulai 2,02 juta yen atau sekitar Rp219 jutaan hingga 2,96 juta yen atau sekitar Rp322 jutaan.

Apakah model ini akan dibawa ke Indonesia? Semoga saja. (STA/ODI)

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.