Sukses

Ford Mustang GT Ini Disulap Jadi Mobil Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran mobil listrik di dunia otomotif memang begitu menyita banyak perhatian. Banyak petrolhead yang kini mulai melirik mobil tersebut untuk memenuhi garasi mereka.

Tidak hanya itu, engineer AEM EV dari Amerika Serikat, Nate Stewart, sukses melakukan konversi Ford Mustang GT ini menjadi mobil listrik.

Melansir carscoops, jantung pacu yang tadinya bersemayam di bawah kap mesin, kini mengalami perubahan yang signifikan lantaran Nate Stewart telah merombak total kompartemen tersebut.

Kini, Large Drive Unit (LDU) yang menjadi motor listrik berkarakter sport milik Tesla telah disematkan dan membuat mobil ini tetap perkasa meskipun tidak menghasilkan suara yang gahar layaknya American Muscle lainnya.

Nate Stewart menyebut modifikasinya ini sebagai Testang, akronim dari Tesla Mustang. Adapun dalam proyek tersebut, tuner ini juga sekaligus menguji spare part AEM EV pada LDU tersebut.

Beberapa hal yang dilakukan oleh mereka antara lain adalah mengelola fitur-fitur seperti pengereman regeneratif, manajemen baterai, manajemen termal, dan pengiriman torsi.

Untuk menopang konversi tersebut, pengerjaan lain yang juga kini dilakukan adalah melakulan perubahan pada sistem transmisi. Kini, mobil tersebut sudah menggunakan transmisi tanpa tuas dan digantikan dengan push button.

Sedangkan pada sektor pengereman, tuner ini juga melakukan perubahan dengan menyematkan satu set rem Willwood dengan empat pot besar yang mampu menghentikan akselerasi dengan begitu impresif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ford Mustang E-Mach Jadi Armada Polisi Amerika Serikat

Pihak kepolisian New York telah melakukan pemesanan 184 unit mobil listrik Ford Mustang Mach E GT untuk penegakkan hukum di jalan raya dan unit reaksi cepat.

Mobil listrik ini nantinya akan bergabung dengan sekitar 30.000 unit kendaraan lainnya yang sudah lebih dulu digunakan untuk patroli di jalan raya.

Untuk pengadaan mobil listrik tersebut, New York, telah menggelontorkan dana sebesar USD 11,5 juta atau setara dengan Rp 164 miliar.

"Penggunaan Electric Vehicle pada penegakan hukum adalah langkah yang kuat untuk mengurangi gas rumah kaca yang mengubah iklim, menurunkan risiko penyakit pernapasan, mengurangi kebisingan, dan mengakhiri ketergantungan yang lama pada bahan bakar fosil," jelas Sheriff Kota New York, Josep Fucito.

Dengan adanya armada kepolisian tersebut, Mustang Mach E GT akan menggantikan kendaraan bertenaga gas dan merupakan langkah kecil dari New York untuk menuju era elektrifikasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan