Sukses

Mobil Tiongkok Juga Laris di Indonesia, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Kendati belum selaris mobil merek Jepang, peminat mobil Negeri Tirai bambu tidak bisa dibilang sedikit. Harga yang kompetitif dan fitur berlimpah menjadi daya Tarik dari mobil-mobil Tiongkok.

Saat ini ada tiga merek Cina yang meramaikan pasar otomotif Tanah Air, yakni Wuling, DFSK, dan Morris Garage (MG). Sebagai informasi, MG saat ini dipegang penuh oleh Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Ketiga merek ini saling bersaing satu sama lainya. Baik Wuling, DFSK, maupun MG sama-sama punya jagoan di kelas SUV.

Di segmen kendaraan niaga, tercatat ada Wuling dan DFSK yang bermain. Namun hanya Wuling yang bersaing di kelas MPV.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, total penjualan mobil asal Tiongkok mencapai 29.923 unit.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Komposisi

Dari jumlah tersebut, Wuling menempati posisi teratas dengan menjual sebanyak  25.604 sepanjang tahun 2021 kemarin. LMPV Wuling Confero menjadi penyumbang terbanyak dengan angka 10.488 unit.

Posisi kedua diduduki oleh DFSK yang laris 3.244 unit. Model dengan penjualan terbesar berasal dari kendaraan niaga DFSK Supercab yang secara total mencapai 2.577 unit.

Terakhir adalah MG. Merek yang saat ini hanya memasarkan 2 model terjual 1.075 unit di tahun 2021. SUV MG HS menjadi model terlaris dengan angka 600 unit.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19