Sukses

Performa dan Kenyamanan All New Honda Civic RS Bikin Ogah Disetirin

Rutenya memang tidak begitu jauh, hanya dari Dream Cafe di bilangan Senayan Park, Jakarta Pusat menuju kawasan BSD, Tangerang

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sedan andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) all new Civic RS telah resmi diluncurkan secara virtual, beberapa waktu lalu. Pabrikan berlambang huruf H ini, juga sudah memberikan kesempatan kepada beberapa media otomotif nasional termasuk Liputan6.com untuk mencoba model yang dibanderol Rp 567 juta.

Rutenya memang tidak begitu jauh, hanya dari Dream Cafe di bilangan Senayan Park, Jakarta Pusat menuju kawasan BSD, Tangerang.

Sesi pertama, Liputan6.com bertindak sebagai penumpang baris kedua. Memasuki kabin, begitu nyaman tanpa diragukan lagi. Posisi jok yang tidak tegak, ruang kabin lapang menjadi lebih dari cukup bagi penumpang baris kedua.

Ditambah lagi, mobil ini sudah dilengkapi arm rest, dua buah cup holder, kisi AC untuk baris kedua, dan 2 port USB menambah kenyamanan menjadi penumpang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menuju kawasan BSD, Liputan6.com bersama dua media lainnya, melewati jalan tol. Tenaga dari mobil ini sangat terasa. Bahkan, pengemudi membawa mobil ini dengan kecepatan 120 hingga 130 km per jam tanpa kesulitan berarti. Menjadi catatan, dengan konsep sebagai sedan sport, suspensi mobil ini memang cukup keras dirasakan pengemudi bagian belakang, terlebih ketika mobil menghajar jalanan berlobang atau tidak rata.

Tiba di kawasan BSD, giliran Liputan6.com bertindak sebagai pengemudi. Memasuki kabin, jok dengan bahan suede leather combi trimmedn sangat memanjakan pengemudi. Kursi memeluk badan dengan sempurna, dan mengatur posisi berkendara paling nyaman tidak sulit.

Pengaturan kursi sudah elektrik, dengan setir yang sudah bisa diatur secara telescopic dan tilt. Mesin dinyalakan, waktunya mencoba performa Honda Civic RS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa

Jantung penggeraknya, masih sama dengan model lama namun ada sedikit peningkatan tenaga dan torsi. Mesin 1.5-liter turbo DOHC i-VTEC memiliki tenaga maksimal 178 ps (lebih besar 5 ps). Sedangkan torsi puncaknya 240 Nm atau lebih besar 20 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT.

Membejek mobil ini, putaran bawah sudah sangaat responsif dan tenaga terus mengisi hingga putaran tengah. Soal akselarasi, mobil ini sangat mudah dibawa meliuk-liuk di jalanan, baik untuk menyalip kendaraan lain. Terdapat tiga mode berkendara, eco, normal, dan sport.

Berkendara menggunakan model normal, sudah sangat menjawab ekpetasi dari mobil ini. Begitu menggunakan mode sport, tarikannya lebih terasa dan mobil ini benar-benar diciptakan untuk yang gemar mengendarai sendiri, dan tidak menggunakan supir.

Tapi, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, suspensi mobil ini terasa lebih rigid. Namun, seperti itulah karakter sebuah sedan sport. Jangan membayangkan, mobil ini dilengkapi suspensi yang empuk, pasti akan kecewa. Tapi, dengan karakter tersebut, menjadikan mobil ini layak diajak bermanuver, dengan body roll yang sangat minim.

3 dari 4 halaman

Fitur

Salah satu daya tarik dari all new Honda Civic RS ini tentunya di fitur canggih. Bagaiman tidak, mobil ini sudah dilengkapi Honda Lane Watch, yang menampilkan titik buta sebelah kiri. Jadi, ketika sein kiri dinyalakan, bakal ditampilkan kondisi sekitar dari bagian kiri kendaraan melalui monitor head unit 9 inch. Selain itu, terdapat juga Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold (BAH) dan teknologi bantuan pengemudian aktif Honda Sensing.

Teknologi ini terdiri dari Collision Mitigation Brake System, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Auto High Beam, Lead Car Departure Notification.

Selain itu, terdapat juga Meter cluster Full TFT 10,2 inch, dan juga mobil ini dilengkapi Honda Smart Key Card sebagai pengganti remote dan kunci untuk membuka pintu dan menyalakan mesin.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.