Sukses

Waspada Penyebab Kebakaran Mobil dan Cara Mencegahnya

Kebakaran mobil menjadi salah satu masalah yang bisa menimpa para pemilik kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran mobil menjadi salah satu masalah yang bisa menimpa para pemilik kendaraan. Bahkan, tidak hanya sebatas kendaraan lawas, tapi juga dalam beberapa kasus justru melibatkan mobil baru, bahkan supercar.

Penyebab kebakaran mobil juga tak selalu sama, namun yang paling banyak terjadi disebabkan oleh sistem kelistrikan.

Hal tersebut, juga ditegaskan oleh pereli nasional yang juga brand ambasador PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Rifat Sungkar.

"Sistem kelistrikan itu ringkih, dan tolong harus aware. Gangguan elektrikal itu dari dalam, karena dari luar terlihat baik tapi di dalam ternyata rusak," jelas Rifat, saat diskusi virtual bersama media, Selasa (14/12/2021).

Lanjut Rifat, untuk masalah mobil baru yang mengalami kebakaran juga beragam. Karena, jika dilihat dari letak mesinnya juga berbeda.

Misalkan, mobil bermesin depan, biasanya masalah karena ada satu atau dua kali melewati genangan air.

"Genangan air itu jahat, karena tidak semua mobil disiapkan. Contoh, ada mobil ECU di bawah lantai. Mobil lain air intake di bawah bumper dan selama mobil jalan tentunya banyak komponen yang menghasilkan panas," tegas suami dari Sissy Priscillia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

APAR

Sementara itu, untuk mobil dengan mesin belakang berbeda lagi. Tetap berhubungan dengan kelistrikan tidak berjalan baik, dan dekat dengan knalpot, dan kabelnya menghasilkan panas yang berlebihan.

"Lihat di youtube, ada supercar terbakar. Itu beda lagi. Knalpot panas, dan membakar bumper, lalu membakar mesin. Penyebabnya beda-beda kebakaran mobil itu," tambahnya.

Terakhir, Rifat juga mengingatkan pemilik mobil untuk selalu meyediakan Alat Pemadan Api Ringan (APAR). Tapi, usahakan untuk meletakan alat tersebut di tempat yang strategis dan mudah terjangkau.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.