Sukses

Royal Enfield Mulai Produksi Motor di Thailand, Ini Targetnya

Liputan6.com, Jakarta - Guna memperkuat layanan di kawasan Asia Pasifik, Royal Enfield membangun fasilitas perakitan di Thailand.  Pabrik ini dibangun dalam kemitraan bersama GPX.

Dengan penambahan fasilitas ini, saat ini Royal Enfield telah memiliki tiga unit fasilitas CKD (Completely Knocked Down) - di Argentina, dan Kolombia di Amerika Latin, dan di Thailand - selain tiga fasilitas manufaktur canggih di Chennai, India.

Unit perakitan lokal di Thailand berada di Gateway City Industrial Estate, Moo 7 Huasamrong, Plaengyao Chachoengsao. Selain akan melayani konsumen di Thailand, unit perakitan ini akan beroperasi sebagai pusat distribusi untuk semua negara lain di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Vietnam, dan lainnya.

Strategi ini diharapkan memberikan keuntungan dan peluang pertumbuhan yang signifikan bagi Royal Enfield. Sebagai permulaan, fasilitas perakitan di Thailand akan memulai perakitan lokal model Himalayan, Interceptor 650 dan Continental GT 650, mulai bulan ini.

Royal Enfield akan memulai produksi sepeda motor dari unit anak perusahaan di Thailand melalui kerjasama dengan GPX. Ini merupakan pengumuman penting yang menegaskan kembali komitmen Royal Enfield untuk pasar Thailand dan Internasional.

Operasional Ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah Royal Enfield modern, bahwa sepeda motor Royal Enfield akan dirakit dan diproduksi di kawasan Asia Pasifik, di luar fasilitas manufaktur perusahaan di Chennai, India.

Vimal Sumbly, Business Head for APAC markets, Royal Enfield, mengatakan, Royal Enfield telah bekerja secara ekstensif untuk menumbuhkan dan memperluas segmen sepeda motor kelas menengah secara global.

"Dengan pandangan strategis untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi permintaan yang terus meningkat, kami telah mengerjakan rencana kami untuk mendirikan unit perakitan lokal di pasar prioritas yang dimulai dengan Argentina pada tahun 2020 dan kemudian Kolombia pada awal tahun ini," terang Vimal dalam keterangan resminya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sejarah Panjang

Unit perakitan lokal yang baru akan menjadi pendorong penting bagi pertumbuhan bisnis di Asia Tenggara.

"Melanjutkan perjalanan ini dan menandai yang pertama bagi kami di kawasan Asia Pasifik, kami sangat senang mengumumkan dimulainya operasi di pabrik perakitan CKD di Thailand. Sebagai bukti komitmen kami terhadap kawasan Asia Pasifik, dan potensi pasar, fasilitas ini akan memungkinkan kami memenuhi permintaan yang terus meningkat di kawasan Asia-Pasifik secara efisien, dan juga menjadi pusat bagi pasar Asia Tenggara lainnya," tambah dia.

Royal Enfield memiliki sejarah panjang. Merek sepeda motor ini sudah membuat unit sejak tahun 1901. Berasal dari Inggris, pabrik manufaktur didirikan di Madras pada tahun 1955.

Rangkaian sepeda motor premium Royal Enfield termasuk all-new Meteor 350 cruiser, Interceptor 650 dan Continental GT 650 twins, penjelajah adventure Himalayan, single Bullet 350, serta Classic 350 yang ikonik.

Selain motor Royal Enfield juga juga menguatkan hubungan dengan komunitas lewat berbagai acara seperti Rider Mania, pertemuan tahunan dengan ribuan penggemar Royal Enfield di Goa, serta Himalayan Odyssey, ziarah tahunan melewati berbagai medan terberat di jalur gunung tertinggi.

Royal Enfield beroperasi melalui 921 diler format besar dan 638 studio stores di semua kota besar dan kecil di India, serta mengeksplor ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Dua fasilitas produksi mutakhir milik perusahaan terletak di Oragadam dan Vallam Vadagal, dekat Chennai.

Royal Enfield baru-baru ini berinvestasi di dua pusat teknis kelas dunia, berlokasi di Bruntingthorpe, Inggris dan Chennai, India, kemudian pada tahun 2020 membuka unit perakitan pertamanya di luar India yaitu berlokasi di Buenos Aires, Argentina. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19