Sukses

Cek Secara Rutin Aki Mobil Biar Gak Cepat Soak

Cek secara rutin menjadi solusi agar mobil berfungsi dengan baik. Biar tak salah langkah, berikut tips untuk mengatasi aki agar tidak soak.

Liputan6.com, Jakarta Sudahkah Anda mengecek aki mobil secara rutin? Ingat, salah satu komponen di mobil ini sangat penting untuk sistem kelistrikan. Jika soak atau rusak, mobil tidak berfungsi dengan baik. 

Maka dari itu, cek secara rutin menjadi solusi agar mobil berfungsi dengan baik. Biar tak salah langkah, berikut tips untuk mengatasi aki agar tidak soak. 

Cek dan bersihkan terminal Aki

Terminal Aki berfungsi sebagai penyambung Aki dengan kabel sumber listrik pada mobil ada. Kondisi terminal aki yang kotor atau banyak dengan kerak dapat menghambat aliran listrik dari aki ke mesin mobil anda. Membersihkan terminal aki dapat dilakukan cukup membersihkan permukaan terminal dengan sikat kawat halus. Kemudian gunakan lap kering untuk membersihkan serbuk putih pada terminal. Namun bila kerak susah untuk dihilangkan dengan cara tersebut. Anda bisa menyiramkan air panas ke terminal aki terlebih dahulu sebelum di bersihkan dengan sikat halus dan lap kering.

Cek Level Air Aki

Untuk jenis aki basah, jumlah air aki akan berkurang dikarenakan terjadi penguapan yang disebabkan oleh penggunaan aki dan kondisi panas pada lingkungan sekitar aki. Bila jumlah air aki sudah berada di batas / level minimum, segera ditambahkan hingga batas maksimal yang tertera pada cover aki. Penambahan cairan aki cukup dengan air aki (biasanya botol dengan warna biru), tidak perlu dengan air Zuur (botol dengan warna merah).

Cek tegangan listrik

Sering kali aki mengalami tegangan listrik yang rendah, hal ini menyebabkan mobil sulit untuk di starter. Bila hal ini terjadi, anda cukup mengecas aki anda hingga tegangan listrik di aki kembali normal. Selain itu ada baiknya anda memeriksa kondisi Alternator dan jalur kelistrikan untuk mengetahui tegangan pengisian aki. Alternator berfungsi untuk memasok arus listrik ke aki selama mesin mobil dihidupkan,

Seperti yang dijelaskan di atas, mengecek aki secara rutin bisa meminimalisir kerusakan aki pada mobil. Anda cukup lakukanlah pengecekan menyeluruh pada aki. Jika memang suhu aki menjadi tinggi dan air aki mendidih, periksa sistem pengisian listrik aki mobil atau Alternator yang berfungsi untuk memasok arus listrik ke aki selama mesin mobil dihidupkan.

Selain itu, Anda bisa periksa alternator aki untuk mengetahui tegangan pengisian aki. Alternator berfungsi untuk memasok arus listrik ke aki selama mesin mobil dihidupkan, Arus listrik yang dihasilkan alternator adalah tegangan AC yang dikonversikan menjadi tegangan DC.

Ganti aki mobil

Jika diketahui aki sudah soak, baik dari disebabkan dari kelistrikan mobil yang tidak stabil maupun dari umur aki, ada kalanya anda harus menggantinya dengan yang baru. 

Nah, kini membeli aki mobil sangat mudah, salah satunya membeli brand aki Yuasa. Hanya dengan aplikasi Yuasa, Anda bisa memesan aki mobil sesuai yang dibutuhkan.  Jika dalam keadaan darurat aplikasi Yuasa ini terbilang sangat membantu. Pasalnya, melalui aplikasi itu, kamu cukup cari tipe aki sesuai dengan kendaraan Anda untuk segera memesan aki tersebut di aplikasi ini. 

Selain tipe, pada aplikasi itu sudah tertera harga dan spesifikasi sesuai tipe aki. Jadi sangat mudah digunakan untuk mendapatkan aki yang diinginkan. 

Tidak hanya itu saja, pada aplikasi itu terdapat fitur Battery Reminder, sebagai pengingat kondisi, umur dan waktu pengecekan aki. Anda juga dimudahkan agar bisa memasukan lebih dari 1 kendaraan yang dimiliki.

 

Pada aplikasi itu, terdapat menu Store Locator, fitur yang mempermudah konsumen untuk mencari toko terdekat yang menjual Aki Yuasa di sebuah daerah. Lengkap dengan alamat toko, foto toko, dan panduan peta dari Google Map.

Anda juga bakal dimudahkan dengan fitur Instant Buy. Fitur ini bisa Anda manfaat untuk membeli aki secara online, mudah dan tidak perlu membuang banyak waktu.

Kalau sudah begitu, sudah mudah mencari aki Yuasa sesuai keinginan. Segera download aplikasi Yuasa di platform Android (Play Store) dan IOS (Appstore). Satu aplikasi solusi kendaraan Anda!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini