Sukses

Sandiaga Uno Ingin Sektor Transportasi Jadi Mitra dalam Pemulihan Ekonomi di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., menjadi salah satu pembicara dalam virtual customer gathering yang diadakan oleh PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., menjadi salah satu pembicara dalam virtual customer gathering yang diadakan oleh PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent).

Dalam kesempatan ini, Sandiaga menyampaikan harapannya agar sektor transportasi sejogyanya dapat menjadi mitra dalam melakukan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pembatasan kegiatan sosial selama pandemi Covid-19. Menurutnya, terdapat pergeseran tren masyarakat dalam menentukan destinasi wisata dan juga alat tranportasi yang digunakan.

" Referensi wisatawan bergeser, mulai dari yang hanya mengandalkan harga dan paket-paket murah mulai melihat kepada paket-paket lebih fleksibel, cenderung memilih wisata lokal berbasis personalized dan localized, also smaller in size," ungkap Sandiaga Uno saat mengisi webinar MPM Rent virtual customer gathering, hari ini (2/11). 

Safe tourist destination atau lokasi wisata yang aman menjadi andalan, serta desa wisata alternatif jadi daya tarik untuk pengunjung. Selain itu, masyarakat cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi.  

"Jadi salah satu opsi untuk masyarakat berwisata bukan bus besar lagi, tapi kendaraan pribadi atau mini bus, dan pesawat ini ada di posisi kedua setelah kendaraan pribadi untuk liburan. Sementara channel yang digunakan semakin hari semakin menuju digitalisasi jadi kunjungan-kunjungan ini sekarang memerlukan sister support. Kita ingin bahwa para pelaku pariwisata dan ekonomi lebih banyak masuk ke ekosistem ekonomi digital. Melalu rental package, kami jadi kemitraan, rental package memaksimalkan akselerasi rental mobil yang ter-customize terhadap kebutuhan konsumen. Di mana mereka ingin lebih nyaman bawa kendaraan sendiri saat pandemi, " lanjut Sandiaga. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

MPMRent dan Mobil Listrik

Sementara itu, Oky Gunawan selaku Chief Commercial Officer memaparkan produk dan layanan di MPMRent yang senantiasa ditingkatkan demi memenuhi kebutuhan transportasi pelanggan. Sepanjang 2021, MPMRent telah menyediakan 102 model kendaraan dari 19 merek yang terdiri dari kategori mobil penumpang, luxury, logistik, dan heavy duty. Di tahun ini pula MPMRent memulai kolaborasi dengan Hyundai, Nissan dan Tesla untuk menjajaki produk mobil listrik sebagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan unit kendaraan operasional yang ramah lingkungan.

Sementara itu di sisi layanan, MPMRent telah memperkuat jaringan operasionalnya yang meliputi berbagai kota besar di wilayah provinsi Sumatera, DKI Jakarta, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi yang melayani lebih dari 1.000 pelanggan melalui 8 kantor cabang, 16 Service Points, dan 656 bengkel rekanan.

MPMRent juga terus melakukan pengembangan dan perbaikan dari sisi digital guna mempermudah pelayanan terhadap pelanggan dan mempercepat langkah transformasi digital perusahaan. Salah satu improvement yang baru saja dilkukan yakni penambahan fitur “Rent Now” pada website resmi MPMRent untuk mempercepat proses booking unit mobil yang dibutuhkan oleh pelanggan korporasi (B2B) baik untuk penggunaan jangka panjang maupun jangka pendek. Kemudian dengan sistem IT yang terintegrasi, MPMRent mengembangkan beberapa platform seperti aplikasi QR (Quick Response) Application untuk memonitor pergerakan armada kendaraan secara real time. Tersedia juga aplikasi MRide untuk memenuhi on-demand service pelanggan akan unit kendaraan yang digunakan hanya dalam hitungan jam. Untuk mendukung kegiatan operasional di sisi internal dan CRM yang terintegrasi, MPMRent juga memiliki aplikasi sales “Points” untuk memonitor produktivitas dan penjualan, serta aplikasi untuk pengemudi “Timesheet Mobile” untuk mencatat dan monitor kehadiran driver yang melayani pelanggan secara lebih mudah.

Seluruh upaya ini merupakan wujud MPMRent untuk menjadi Reliable Partner bagi setiap pelanggan, karena transportasi merupakan penopang bagi operasional bisnis di berbagai sektor untuk dapat terus bergerak sehingga tercipta aktivitas ekonomi. “Kami harap hubungan kemitraan ini dapat terus berlanjut. Terima kasih atas dukungan Anda kepada MPMRent, mari, bersama-sama kita bantu pemulihan ekonomi Indonesia,” tutup Ivan.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.