Sukses

Manfaat Cuka untuk Mengatasi Masalah pada Mobil

Siapa bilang cuka atau venegar hanya bisa digunakan sebagai penyedap makanan. Cuka ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang cuka atau venegar hanya bisa digunakan sebagai penyedap makanan. Cuka ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada mobil.

Selain harganya terjangkau, cuka juga mudah didapatkan. Dikutip dari Bengkel Rotary Bintaro, cuka bisa membantu mengatasi sembilan masalah yang terjadi pada mobil. Simak ulasannya:

1. Menghilangkan bau tak sedap di area kabin

Bau tak sedap akibat makanan yang tumpah atau aroma makanan yang menyebar ke seluruh permukaan kabin terkadang sulit dihilangkan. Meski sudah menggunakan pengharum ruangan pun, bau tersebut tetap ada.

Untuk menghilangkannya, otolovers cukup meletakkan satu gelas air cuka di dalam kabin. Biarkan air cuka menginap di dalam kabin selama satu hari. Jika bau kabin sudah netral, maka buang air cuka tadi.

2. Menghilangkan bekas tempelan stiker

Melepas stiker di bodi mobil, biasanya akan meninggalkan lem stiker. Supaya hal itu tak terjadi, sebelum melepas stiker, teteskan air cuka pada stiker.

Setelah itu, cabut stiker secara perlahan. Dengan demikian, kaca atau bodi mobil tidak akan meninggalkan noda sedikit pun.

3. Membersihkan kotoran burung

Kotoran burung dapat mempercepat pengelupasan cat mobil. Jika suatu saat burung menjatuhkan kotorannya pada bodi mobilmu, ambil cuka dan oleskan pada bagian yang kotor tadi.

Dengan demikian, kotoran dapat terangkat sedikit demi sedikit tanpa merusak cat mobil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Membersihkan karpet mobil

Karpet mobil kotor dan sulit dibersihkan? Otolovers bisa menggunakan asam cuka untuk mengangkat seluruh kotoran yang menempel di karpet. Dengan begitu, karpet mobil kembali bersih seperti baru dibeli.

5. Mengangkat noda yang menempel di dashboard

Dashboard adalah bagian yang sering kotor akibat kaca mobil yang terlalu sering dibuka saat berkendara.

Sebelum kotoran tersebut menjadi kering dan menumpuk, otolovers bisa pakai air cuka untuk mengangkat seluruh debu yang menempel di dashboard. Caranya dengan mencelupkan kain bersih ke dalam larutan cuka.

6. Membersihkan kain wiper

Pemberian cuka ke karet wiper dipercaya dapat mengangkat kotoran yang menempel di karet wiper. Selain itu, cuka juga dapat mengembalikan elastisitas karet wiper.

Namun, otolovers harus mencampurkan cuka dengan air secukupnya agar tidak menimbulkan kerusakan pada karet wiper.

 

3 dari 4 halaman

7. Membersihkan komponen krom

Komponen krom yang sudah dicuci sekalipun sebenarnya masih meninggalkan sebagain kotoran.

Untuk menghilangkannya, basahi kain lembut dengan cuka, lalu gunakan kain tersebut untuk mengelap komponen krom supaya terlihat bersih dan mengilap.

8. Membersihkan kotoran jok mobil

Kotoran yang menempel pada jok sangat mengganggu pemandangan saat mengemudi. Agar jok kembali bersih, gosok cuka ke bagian jok yang kotor.

Larutkan dua sendok cuka dengan satu sendok cairan pencuci, lalu ambil kain dan gosok-gosok jok mobil sampai seluruh kotoran terangkat bersih.

9. Mencegah pembekuan embun

Embun yang menempel di jendela mobil otomatis akan mengganggu pemandangan pengemudi saat menuyetir mobil. Namun, embun ini dapat diatasi dengan melapisi jendela mobil dengan larutan cuka terlebih dahulu.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.