Sukses

Menguji Efisiensi Bahan Bakar DFSK Super Cab di Kota Kembang

PT Sokonindo Automobile mengajak wartawan nasional untuk menjajal kemampuan produk pikap andalannya, yaitu DFSK Super Cab 1.5L bensin di kota Bandung, Rabu (22/09/2021).

Liputan6.com, Bandung - PT Sokonindo Automobile mengajak wartawan nasional untuk menjajal kemampuan produk pikap andalannya, yaitu DFSK Super Cab 1.5L bensin di kota Bandung, Rabu (22/09/2021).

Pengujian ini menggunakan metode full to full, tangki bensin diisi hingga penuh, setelah sampai finis diisi penuh kembali. Lalu jarak tempuh akan dibagi oleh bahan bakar yang terpakai. Selain itu, setiap mobil diisi oleh dua orang dan membawa muatan semen dengan bobot total 1 ton.

Perjalanan dimulai dari Cikole, Lembang, dengan tujuan ke dealer DFSK di Pasteur. Kontur jalanan awal didominasi oleh turunan, namun sesekali harus melewati tanjakan yang cukup menantang. Torsi sebesar 140 Nm cukup membantu untuk melahap tanjakan menggunakan gear ke 2, mesin pun tak perlu sampai meraung-raung.

Tantangan sebenarnya dimulai ketika memasuki jalan Pasteur, kemacetan dalam kota sudah sering ditemui, jalanan yang menurun pun tak ada lagi. Usai mengunjungi checkpoint di Pasteur, tujuan selanjutnya adalah jalan Buah Batu melewati jalan tol dalam kota.

Kecepatan di jalan tol saya batasi di kecepatan minimum, yakni 60 km per jam. Beruntung jalan tol dalam kota terbilang lancar, sehingga kecepatan konstan Super Cab bisa dijaga dengan baik.

Keluar dari pintu tol Buah Batu, kemacetan pun tak bisa terhindarkan. Perempatan lampu merah Buah Batu yang terkenal dengan durasi lampu merah menguji kesabaran para peserta.   

Sisa perjalanan sampai ke finis dipenuhi oleh kepadatan lalu lintas, karena rute sisa yang harus dilalui (BKR, Pasar Caringin, dan finis di Sudirman) bisa dibilang jalur padat saat jam pulang kerja. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Pengujian

Berdasarkan hasil pengujian dengan total jarak tempuh 57 kilometer, hasil terbaik dari pengujian kali ini mencapai 15,8 km untuk satu liter. 

Seusai pengujian, semen yang dibawa oleh 6 DFSK Super Cab dengan berat total 6 ton diserahkan untuk kegiatan sosial renovasi rumah ibadah di kota Bandung.  

“Hasil uji coba efisiensi bahan bakar yang dihasilkan oleh DFSK Super Cab ini tidak berbeda jauh dengan pengujian di daerah lainnya. Ini menunjukan bahwa DFSK Super Cab memang memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi, kendaraan pekerja keras yang bisa diandalkan, namun tetap nyaman bagi penumpangnya. DFSK tentu berharap semakin banyak konsumen yang merasakan keuntungan menggunakan DFSK Super Cab sehingga usahanya bisa semakin menguntungkan,” ungkap Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi DFSK Super Cab

Flat deck yang ditawarkan oleh DFSK Super Cab memiliki ukuran 2.460 mm x 1.670 mm x 340 mm (PxLxT) yang menjadi salah satu terbesar di kelasnya. Bak yang ditawarkan ini mampu mengangkat beban hingga 1,4 ton.

Selain difungsikan sebagai kendaraan pick-up, DFSK Super Cab bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Sejauh ini, DFSK Super Cab bisa diubah menjadi angkutan umum, ambulans, mobil box, chiller box (untuk bawa daging), hingga moko (mobil toko). Konsumen bisa melakukan modifikasi ini tanpa perlu berkunjung ke karoseri, karena semua bisa diurus melalui semua dealer resmi DFSK.

DFSK Super Cab menawarkan 2 varian mesin, yaitu varian mesin bensin DK15 1.500 cc dengan tenaga 102 dk torsi 140 Nm dan varian diesel 1300 cc dengan tenaga 75 dk torsi 190 Nm. Untuk konsumen yang membutuhkan torsi lebih besar bisa memilih mesin turbo diesel 1.300 c.

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Waspada Anak Tertular COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.