Sukses

Selama Pandemi Covid-19, Konsumen Memilih Beli Mobil Secara Tunai atau Kredit?

Saat membeli kendaraan baru, biasanya konsumen akan dihadapkan pada pilihan pembayaran secara tunai atau kredit. Memilih pembayaran secara tunai berarti pemiliknya tidak perlu pusing memikirkan cicilan bulanan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat membeli kendaraan baru, biasanya konsumen akan dihadapkan pada pilihan pembayaran secara tunai atau kredit. Memilih pembayaran secara tunai berarti pemiliknya tidak perlu pusing memikirkan cicilan bulanan. 

Sementara sistem kredit pengeluaran uang di awal rendah. Hanya saja ada kewajiban yang harus dibayarkan tiap bulan sampai mobil benar-benar lunas. Bahkan biaya bisa bertambah dengan denda jika menunggak pembayaran

Soal pembelian kendaraan secara kredit dan cash, Toyota menemukan fakta menarik. Jika sebelumnya, pembelian mobil didominasi dengan cara mengangsur, kini persentasenya berimbang.

Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), pembelian kendaraan Toyota baru, baik tunai maupun dengan cara menyicil jumlahnya relatif berimbang. Tahun lalu pembelian kendaraan Toyota cenderung dilakukan secara cash.

"Trennya agak swing dari waktu ke waktu. Saat ini sebenarnya hampir ­50-50. Cuman tahun lalu cash lebih tinggi, sekitar 55-45," tutur pria yang kerap disapa Anton itu pada perbincangan pers virtual, Kamis (26/8/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelum Pandemi

Ia menambahkan bahwa sebelum pandemi mayoritas masyarakat membeli mobil secara kredit. Namun saat pandemi, pihak lembaga pembiayaan tidak mau mengambil risiko. Leasing memberikan persyaratan pengajuan kredit yang ketat. Akibatnya, banyak konsumen mobil baru beralih ke cara tunai.

"Beberapa tahun lalu kredit lebih tinggi, kira-kira 55% kredit 45% cash. Tapi mungkin karena pandemi agak sedikit berubah. Jadi (pembelian) cash tahun lalu meningkat," tutup Anton.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.