Sukses

Bersiap, Toyota Yaris Hybrid Meluncur 2023

Toyota Yaris sedan bakal mendapatkan model generasi baru pada kuartal ketiga 2022, diikuti versi hybrid setahun kemudian.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Yaris sedan bakal mendapatkan model generasi baru pada kuartal ketiga 2022, diikuti versi hybrid setahun kemudian. Model generasi ketiga pertama kali diperkenalkan pada 2013, dan selama bertahun-tahun telah menerima banyak pembaharuan di berbagai pasar Asia.

Seperti dilansir Gaadiwaadi, sedan asal Jepang ini akan mengalami perombakan besar-besaran, dan model generasi berikutnya sudah dalam proses, serta diharapkan akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2022.

Sesuai laporan, Toyota Yaris sedan (Vios) generasi berikutnya dijadwalkan tiba di pasar Thailand pada Agustus 2022, diikuti pasar internasional lainnya.

Model yang akan datang, dengan nama kode D92A, dan akan dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini, yang juga menopang Toyota Raize, adalah versi murah dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dengan platform baru, Vios generasi berikutnya diharapkan lebih ringan dan lebih aman, serta lebih baik untuk dikendarai.

Laporan itu juga mengklaim bahwa raksasa mobil Jepang berencana untuk menambahkan opsi powertrain hybrid ke kendaraan, tetapi itu akan diperkenalkan setahun kemudian, sekitar Agustus 2023. Dengan elektrifikasi menguasai industri otomotif global, ini tampaknya sangat mungkin terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mesin

Belum ada rincian tentang hibrida Vios yang tersedia. Ada kemungkinan bahwa Vios dapat menggunakan penyetelan hibrida dengan bensin berkapasitas 1,5 liter yang tersedia di Toyota Prius C. Powertrain ini dinilai pada output daya gabungan 100 PS (74 kW), dengan peringkat daya individu menjadi 73,4 PS untuk mesin bensin dan 61,2 PS untuk motor listrik.

Toyota belum merilis pernyataan apa pun tentang Vios generasi berikutnya, atau bahkan mengisyaratkannya. Model Vios saat ini dijual di berbagai pasar dengan nama yang berbeda, dan saat ini juga dijual di India, dalam pra-facelift dengan nama Yaris.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.