Sukses

Doa Selamat di Perjalanan Saat Mengendarai Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi umat muslim, berdoa sebelum melakukan kegiatan adalah sebuah kewajiban. Selain agar terhindar dari marabahaya, sekaligus agar apa yang dikerjakan menjadi pahala dan berkah.

Begitu juga saat hendak bepergian menggunakan kendaraan, baik mobil maupun motor. Seringkali, doa menjadi penyempurna selain tentunya persiapan baik dari segi fisik maupun kendaraan itu sendiri.

Rasulullah SAW sendiri mengajarkan kepada kita untuk membaca doa naik kendaraan ketika kita ingin menaiki atau mengendarai kendaraan, manfaat dari membaca doa tersebut adalah supaya kita pada saat menaiki kendaraan terhindar dari marabahaya yang akan menimpa,dan juga supaya dilindungi oleh Allah SWT, saat berkendara sehingga kita bisa sampai di tujuan dengan selamat dan sehat wal afiat.

Untuk itu, dianjurkan untuk membaca doa ini, memohon perlindungan kepada Allah selama perjalanan. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Abu Daud, Al Tirmidzi, An Nasai.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa

Alhamdulillahil ladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunna lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.

Artinya,

"Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali."

 

3 dari 3 halaman

Infografis Aman Berpuasa saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.