Sukses

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Sudah Sering Dipamerkan, Kapan Meluncur di Indonesia?

Di pasar niaga juga banyak jenama yang tengah mengembangkan truk atau bus listrik, dan salah satunya Mitsubishi Fuso e-Canter.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya sebatas untuk segmen mobil penumpang. Di pasar niaga juga banyak jenama yang tengah mengembangkan truk atau bus listrik, dan salah satunya Mitsubishi Fuso e-Canter.

Truk canggih dari pabrikan asal Jepang ini, bahkan sudah dipamerkan beberapa kali di pameran otomotif Tanah Air. Lalu, kapan Fuso listrik tersebut meluncur di Indonesia?

Dijelaskan Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Naoya Takai, langkah memperkenalkan truk listrik ini sejak tahun lalu. Namun, ia juga mengakui saat ini perkembangannya terkendala fasilitas ketersediaan infrastruktur pengisian ulang baterai listrik.

"Tentunya kami meminta dukungan dari pemerintah untuk bisa mengelaborasi dengan adanya recharging EV ini. Paling menantang adalah soal infrastrukturnya," jelas Naoya saat media gathering melalui virtual belum lama ini.

Lanjutnya, sejauh ini infrastruktur yang dimaksud, adalah pengisian baterai bisa tersedia banyak tempat.

Meskipun masih menghadapi tantangan, pria ramah ini mengaku optimistis pasar kendaraan listrik akan berkembang tak hanya di jenis kendaraan penumpang tapi juga kendaraan komersial. Terlebih, pasar Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar.

"Hal yang positif bahwasannya ini (EV) merupakan pasar yang baik di masa depan. Tentunya support dari pemerintah dibutuhkan, agar ke depan truk listrik juga bisa masuk ke Indonesia dan memberikan hal positif," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bergerak Menuju Teknologi Ramah Lingkungan

Mimpi-mimpi besar Mitsubishi Fuso di Indonesia, memang tidak lepas dari berbagai strategi yang akan dijalankan di masa depan. Bahkan, jenama Negeri Sakura ini, tidak terlalu jumawa, dan masih melihat kunci sukses terdahulu, yang merupakan bagian dari sebuah sejarah yang harus dipelajari sebagai keberhasilan.

Cara yang paling pertama adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di dalam negeri tentunya. Terlebih, melihat ke depan, berbagai tantang berat harus dilalui, dengan sebuah kendaraan berwawasan teknologi. Salah satunya, adalah penerapan Euro4, yang memang Mitsubishi Fuso sudah cukup siap untuk mengikuti tegulasi tersebut.

Selain itu, dengan infrastruktur yang terus berkembang, dibutuhkan juga kendaraan yang memiliki efisien yang lebih tinggi.

Dari segi kendaraan ramah lingkungan, Mitsubishi Fuso sendiri sudah memiliki eCanter. Meskipun, hingga saat ini truk listrik ini emmang baru sebatas diperkenalkan, dan dipamerkan di berbagai ajang otomotif Tanah Air.

"Itu (Mitsubishi Fuso eCanter) nantilah. Jadi, selama kita survei, kita tunjukan, jika kita sudah memiliki truk listrik, dan sudah dijual di beberapa negara. Sedangkan untuk di Indonesia belum karena terkait fasilitas dan regulasi pemerintah. Jika prasarananya sudah disiapkan, dan lebih siap kita juga siap hadirkan itu, hanya waktunya kapan perlu pemikiran lebih jauh dan persiapan lebih jauh," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.