Sukses

Liburan Tahun Baru Telah Usai, Berikut Tips Pulang Aman dan Nyaman Lewat Jalan Tol

Masa libur akhir tahun telah berakhir, bagi yang berencana untuk pulang setelah berlibur dan berencana untuk pulang menggunakan jalan tol, Anda bisa menyiapkan diri dengan membaca 6 tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Masa liburan akhir tahun telah berakhir, bagi yang berencana untuk pulang setelah berlibur dan berencana untuk pulang menggunakan jalan tol, Anda bisa menyiapkan diri dengan membaca 6 tips berikut ini.

1. Persiapkan Bahan Bakar

Supaya tidak bermasalah dengan bahan bakar, pastikan tangki bensin sudah terisi penuh sebelum masuk jalan tol. Hal ini untuk mencegah terlalu sering berhenti untuk mengisi bensin di rest area dan berinteraksi dengan banyak orang.

2. Waspada Microsleep

Salah satu hal yang wajib diwaspadai saat berkendara di jalan tol adalah microsleep. Microsleep adalah suatu kondisi dimana pengemudi mobil tertidur lelap secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat.

3. Kendalikan Emosi

Kendalikan emosi saat mengemudi, tak perlu meladeni pengguna jalan tol yang ugal-ugalan. Berkendaralah sesuai aturan dan jangan berlaku seenaknya sendiri seperti pindah jalur tiba-tiba. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Di masa liburan, beberapa titik jalan tol akan mengalami kepadatan, seperti di sekitar rest area dan gerbang tol. Ikuti aturan dan petunjuk yang ada, termasuk arahan dari petugas kepolisian. Jangan menyerobot antrean yang bisa menambah kemacetan atau bahkan memicu kecelakaan. 

5. Bahaya Aquaplaning

Aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air. Risikonya adalah mobil tidak mau dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Segera kurangi kecepatan saat hujan turun atau melewati wilayah yang habis terkena hujan. Tidak hanya ban, perangkat rem dan visibilitas pengemudi juga ikut tereduksi saat hujan.

 

3 dari 4 halaman

6. Siapkan e-Toll

Syarat  mutlak untuk dapat menggunakan jalan tol adalah saldo kartu e-toll yang cukup. Minimal harus tersedia dua kartu sebagai cadangan jika ada masalah. Letakkan kartu di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak gampang jatuh atau tercecer.

7. Catat Nomor Darurat

Selalu catat nomor darurat yang bisa dihubungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi pemilik mobil Toyota, bisa memanfaatkan layanan darurat dari AstraWorld yang siaga 24 jam.

“Selamat menikmati liburan bersama keluarga tercinta. Patuhi protokol kesehatan dan mengemudilah di jalan tol dengan aman demi kelancaran perjalanan. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu AutoFamily melalui jaringan bengkel dan armada THS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan promo menguntungkan,” jelas Cahaya Fitri Tantriani, CSD & Marketing Communication Dept. Head Auto2000.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.