Sukses

Grab Dukung Percepatan Pembangunan Ekosistem Kendaraan Listrik di Bali

Grab resmi menghadirkan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Bali

Liputan6.com, Jakarta - Grab resmi menghadirkan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Bali. Langkah ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia

Upaya membangun ekosistem KBL tentu memerlukan sinergi peranan dari segala arah. Mulai dari infrastruktur, produk, regulasi, pembeli, hingga penggunanya.

Bantu meluaskan sekaligus menjadi bagian adaptasi penggunaan KBL, Grab luncurkan total 30 motor listrik dan 7 SPBKLU di Bali.

Nantinya akan digunakan oleh mitra pengantaran GrabFood. Merupakan hasil kolaborasi berbagai pihak seperti PLN Unit Induk Distribusi (UID) Provinsi Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, PT Pegadaian, Astra Honda Motor, dan Panasonic.

Grab memang memiliki komitmen untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air. Seperti dijelaskan Neneng Goenadi sebagai Country Managing Director Grab Indonesia.

“Untuk mendukung misi pemerintah dalam mengurangi emisi karbon hingga 29 persen pada 2030, kami telah meluncurkan peta jalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia pada 2019 lalu. Hari ini kami bangga dapat memperluas jangkauan kami hingga Bali, dengan menghadirkan KBL dan SPBKLU di Pulau Dewata, untuk mendukung terbangunnya sistem Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang ramah lingkungan serta efisien. Melalui kolaborasi bersama sejumlah pihak seperti PLN dan Pegadaian, kami ingin berterima kasih kepada pemerintah daerah serta dinas terkait di Bali yang berbagi visi yang sama dalam memajukan perkembangan transportasi berbasis listrik di Indonesia.”

Aplikasi teknologi ini sesuai dengan upaya pemerintah untuk mengakselerasi program Battery Electric Vehicle (BEV). Turut serta dalam penyediaan infrastruktur sekaligus penggunaannya.

Sejalan pula dengan misi GrabForGood untuk fokus pada pembangunan sektor penting di Indonesia. Salah satunya menciptakan jaringan transportasi termutakhir lewat kendaraan listrik.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendapat Sambutan Baik

Hal ini juga tentu sesuai dengan upaya Gubernur Bali untuk menjaga kesucian dan keharmonisan alam. Ada keperluan untuk membangun sistem energi bersih serta sistem lalu lintas dan angkutan jalan yang ramah lingkungan.

Seperti diatur dalam Pergub Bali Nomor 45 dan 48 Tahun 2019 terkait Bali Energi Bersih dan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Langkah Grab kali ini disambut baik oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster. "Saya senang sekali dengan peluncuran Kendaraan Berbasis Listrik hari ini yang mengimplementasikan visi pembangunan Bali dan mendukung kebijakan yang telah dibentuk untuk mewujudkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” ungkapnya.

Ia menambahkan,”Menjaga keharmonisan alam, masyarakat, dan budaya Bali merupakan keutamaan bagi kami. Alam yang bersih harus diusahakan dengan menciptakan lingkungan yang bebas polusi. Hal ini berkaitan dengan energi yang bersih, mulai dari pembangkit, hingga sarana dan prasarana sehari-hari. Kedepannya, kami akan membangun pembangkit yang ramah lingkungan, yang baru dan terbarukan. Saya berharap hadirnya sepeda motor listrik ini dapat semakin mendukung alam bali yang bersih dan bebas polusi.”

 

3 dari 4 halaman

Bukti Komitmen

Tidak serta merta terlaksana, sebelumnya Grab dan Kementerian Perindustrian telah melaksanakan serangkaian riset bersama. Termasuk proyek demonstrasi dan studi kendaraan listrik pada Agustus 2019 lalu.

Salah satunya di Bali, berfokus pada technical performance, customer acceptance, industrial, and social impact, sekaligus juga menyusun rekomendasi kebijakan pengembangan kendaraan listrik.

Lalu di Desember 2019 bersama Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi meluncurkan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik dengan tujuan untuk mempercepat adopsi KBL di Indonesia.

Wujud buktinya adalah perkenalan GrabCar Elektrik Hyundai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Januari 2020.

Hingga saat ini Grab telah memiliki lebih dari 5.000 armada KBL di Indonesia. Meliputi mobil listrik, motor listrik, sepeda listrik, dan skuter listrik hasil kerja sama dengan Hyundai, Kymco, Viar, dan SELIS. Penerimaannya cukup baik.

Riset internal September 2020 menunjukkan 70 persen mitra pengemudi mengapresiasi lantaran teknologi ini meningkatkan pendapatan sebab menurunkan pengeluaran biaya bensin.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.
    Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.

    Grab

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Motor listrik merupakan jenis kendaraan roda dua yang memanfaatkan energi listrik untuk bisa bergerak.

    Motor Listrik