Sukses

Pandemi Belum Usai, Kustomfest 2020 Siap Digelar Akhir Tahun

Kustomfest 2020 akan resmi dihelat akhir tahun, atau tepatnya 15 sampai 30 Desember 2020, di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Hajatan para pecinta motor kustom, bertajuk Kustomfest harus ditunda penyelenggaraannya. Hal tersebut, sebagai dampak dari pandemi virus Corona Covid-19 yang belum mereda di Indonesia.

Kini kabar terbarunya, gelaran Kustomfest 2020 akan resmi dihelat akhir tahun, atau tepatnya 15 sampai 30 Desember 2020, di Yogyakarta. Namun, belum  diketahui pasti, tempat detail penyelenggaraan lebaran kustom tersebut.

Berdasarkan unggahan dari akun Instagram resmi @kustomfest, bak sebuah refleksi atas peristiwa Kongres Pemuda II 1928, perwakilan pegiat kustom kulture “menggugat” Kustomfest melalui sebuah diskusi panjang untuk mewujudkan gelaran Kustomfest 2020 – Unrestricted, dan harus terlaksana tahun ini juga.

Keadaan hari ini, pandemi Covid – 19 telah menyudutkan pada suatu kondisi serba terbatas, situasi yang mendesak pada titik pergerakan bersama untuk saling menguatkan.

"Maklumat penundaan yang telah disampaikan menimbulkan tanda tanya besar?, haruskah kita menyerah oleh keadaan ini?, apakah kemudian KUSTOMFEST 2020 tidak mungkin dilaksanakan? apakah tidak ada solusi yang bisa dilakukan?, banyak pertanyaan yang menimbulkan rentetan pembicaraan, tuntutan, usulan, kritikan dan berujung pada sebuah interupsi untuk memerdekakan “kehendak” atas nama idealisme kustom kulture," tulis pernyataan Kustomfest yang tertera dalam unggahan Instagramnya, dilihat Rabu (28/10/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ruang Perayaan

Lanjutnya, kustomfest bukanlah semata tentang perkara menggelar sebuah event saja, ini adalah ruang perayaan atas jengkal proses yang membentuk karakter kustom kultur Indonesia. Ini bukan hanya soal ratusan, bahkan ribuan workshop kustom yang bertumbuh, lebih dari sekedar geliat industri kustom yang terus bertambah.

 

3 dari 4 halaman

Sesuai Protokol

Kustomfest adalah wujud pemikiran, jatidiri dan sikap yang akan kita wariskan pada satu, dua bahkan berpuluh generasi mendatang di Indonesia.

"Penundaan itu sudah usai! Hari ini 28 Oktober 2020 bertepatan dengan peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda kami mengajak seluruh entitas dan pegiat kustom kulture Indonesia untuk bersiap, bersama bergerak, berhimpun, bersatu merayakan Kustomfest 2020 sebagai penanda sejarah, sebuah semangat dan idealisme untuk mewujudkan dan menampilkan karya dengan tetap berpedoman kepada protokol perlawanan Covid – 19," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.