Sukses

Obral Diskon Jadi Trik Pedagang Aksesori Motor Hadapi Sulitnya Masa Pandemi

Pandemi Corona Covid-19 menjadi masa paling sulit bagi para pebisnis aksesori sepeda motor. Penjualan turun drastis, bahkan pada April dan Mei lalu jeblok hingga 60 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 menjadi masa paling sulit bagi para pebisnis aksesori sepeda motor. Penjualan turun drastis, bahkan pada April dan Mei lalu jeblok hingga 60 persen. 

Tidak mau terus terpuruk, beberapa pedagang mencari terobosan agar roda bisnis aksesori tetap berjalan. Setidaknya ada perbaikan pada periode semester kedua tahun ini, kendati dihadapkan kembali pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Paket-paket diskon pun digelontorkan, mulai dari pedagang kecil hingga pemain besar. Pemberian diskon dan paket-paket aksesori diharapkan mendongkrak penjualan hingga akhir tahun.

"Setelah paket hemat aksesori mendapat respon yang bagus dari pemilik motor matic, sekarang kami memberikan diskon 30 persen untuk beberapa item aksesori, untuk all matic," buka Hari, pemilik HMS Speedshop yang ditemui digerainya di jalan Raya Pulogebang Gang H Niun No 46, Jakarta Timur.

Diskon tersebut menjadi bagian dari perayaan ulang tahun ke-11 HMS Speedshop, sekaligus mendongkrak penjualan aksesori skutik.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Motor

Harga aksesori yang dipangkas tersebut di antaranya untuk Honda Scoopy, Honda Beat, Honda PCX, Yamaha NMax, Yamaha Mio, dan sebagainya.

"Yang diberi diskon seperti master rem, selang rem, kaliper, shock depan, bracket dan shock belakang, dan banyak lagi. Untuk semua motor matic. Diskon berlaku hingga 30 Oktober, baik membeli secara langsung di toko atau online," terang Hari.

Melalui perogram tersebut, Hari beharap penjualan aksesori motor matic terdongkrak hingga 80 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Aksesori yang ditawarkan kebanyakan adalah barang impor, terutama dari Negeri Gajah Putih.

 

3 dari 3 halaman

Kisaran Harga

Latar belakang pemberian potongan harga tersebut berangkat dari pasar aksesori roda dua yang mulai stabil sejak September lalu. Momentum ini menurutnya tepat untuk menggoda pasar dengan program diskon.

"Sejauh ini penjualan relatif stabil. Momen ini pas untuk menaikkan kembali. Biasanya dalam kondisi begini, ada kenaikan sampai 50 persen. Kalau ada diskon, malah bisa jadi 80 persen kenaikan," tukasnya.

Sebelumnya HMS Speedshop menawarkan paket hemat dalam kisaran harga Rp 700 ribu sampai Rp 1,5 juta. Dengan harga tersebut aksesori yang didapat terbilang komplet, tanpa perlu repot mencari satu persatu part yang dibutuhkan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.