Sukses

Mini Cooper S 1965 Ditemukan Teronggok di Garasi yang Penuh Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Bak mendapatkan durian runtuh, seseorang di Inggris menemukan mobil klasik Mini Cooper S lansiran 1965. 

Tentu saja, untuk mendapatkan mobil ini cukup sulit. Pasalnya banyak kolektor di seluruh dunia saling berburu untuk mendapatkan mobil yang satu ini.

Namun demikian, orang ini sungguh beruntung. Bagaimana tidak, ia mendapatkan mobil langka tersebut dari sebuah gudang milik saudaranya di Derby, Inggris. Mobil ini ditemukan dalam garasi yang dipenuhi dengan timbunan barang-barang tak terpakai.

Garasi yang ditutupi oleh tumpukan sampah itu dibersihkan pada tahun lalu di sebuah rumah milik kerabatnya yang telah tiada.

Tak disangka, di dalamnya ditemukan Mini Cooper S yang ternyata terawat baik setelah terkubur selama hampir lima puluh tahun.

Namun, mobil tersebut sudah tidak dapat dinyalakan karena mesinnya yang terlalu jadul hingga badan mobil yang sudah dilumuri karat.

 

2 dari 3 halaman

Asal Usul

Pemilik mobil itu, mendiang Stuart Wainwright, mendapatkan mobil tersebut saat usia 21 tahun pada tahun 1967.

Namun enam tahun kemudian, Stuart memperoleh mobil baru dan memilih menyimpan mobil Mini Cooper S itu di garasi sampai akhir hidupnya. Stuart diketahui meninggal pada usia 73 tahun.

Mobil tersebut langsung menjadi salah satu incaran kolektor di dunia. Tak terkecuali seorang pria asal Cheshire, Inggris.

Ia yang merupakan kolektor mobil klasik rupanya ikut tertarik untuk memiliki mobil itu. Akhirnya di tangannya, mobil itu dibeli dengan harga 28.800 Pound Sterling atau sekitar Rp550 Juta.

"Penjualnya sangat gembira. Itu adalah uang yang banyak untuk sebuah bangkai kapal yang karatan, itulah yang terjadi saat ini,"  ujar Richard Bromell, dari Charterhouse Auctions di Sherborne, Dorset.

 

3 dari 3 halaman

Membutuhkan Banyak Biaya untuk Perawatan 

Kendati demikian, mobil tersebut tetap harus direstorasi yang pastinya membutuhkan banyak biaya. 

Menurut laman Daily Star, untuk memulihkan mobil ini mereka membutuhkan biaya sekitar 10.000 Pound Sterling atau setara dengan Rp191 Juta.

Rupanya mobil sejenis ini bukan pertama kalinya ditemukan, pada tahun 2018 mobil yang memiliki jenis yang sama dilelang hingga mencapai 50.000 Pound Sterling atau setara dengan Rp 950 Juta.

Sumber: Dream.co.id