Sukses

Singing Road Tol Trans Jawa Bisa Nyanyikan Lagu Selamat Ulang Tahun

Singing road atau jalan bernyanyi belum terlalu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Rupanya teknologi ini sudah diterapkan di Indonesia pada akhir 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Singing road atau jalan bernyanyi belum terlalu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Rupanya teknologi ini sudah diterapkan di Indonesia pada akhir 2019.

Berada di jalan Tol Trans-Jawa, tepatnya di jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri KM 644+200 B (arah Madiun-Solo). Sebuah video yang memerlihatkan singing road dengan nada 'Happy Birthday' tersebut pun diunggah oleh akun Instagram @dramaojol.id.

 

Awalnya seorang pria dengan akun TikTok @prdhtyl sedang berkendara di jalan tol arah Madiun-Solo. Dirinya pun kemudian membagikan momen ketika kendarannya melewati marka jalan berbentuk rumble strip tersebut.

"Ini nih jalan bernada, dengarkan," katanya.

Lantas, apa Otolovers sudah mengetahui dan pernah mendengarkan alunan nada dari singing road tersebut? Berikut ini video lengkapnya dikutip dari Otosia.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

 
 
 
View this post on Instagram

tebak dmn? . sumber video : @prdhtyl

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

3 dari 3 halaman

Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Bisa Bernyanyi, Ini Penjelasannya

PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) telah merealisasikan pemasangan singing road di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri. 

Menurut akun Instagram PT Jasa Marga Transjawa Tol @official.jasamargatransjawatol, singing road itu dipasang di jalur B atau arah Surabaya-Solo. Tepatnya terpasang di KM 664+200.

Singing road sendiri adalah marka jalan berupa rumble strip yang dipasang di lajur jalan tol yang bisa menimbulkan bunyi. Bunyi tersebut akan muncul saat dilewati kendaraan dengan kecepatan 80 km/jam hingga 100 km/jam.

Singing road di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri itu disebut menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Singing road itu sendiri berfungsi sebagai peringatan agar pengguna jalan lebih berhati-hati ketika berkendara di jalan tol.

Indonesia sendiri bukanlah negara pertama yang memakai singing road di jalan tol. Sebelumnya beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan sudah menerapkan singing road untuk membatasi kecepatan kendaraan.

Sumber: Otosia.com   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.