Sukses

Tips Memilih Jaket Motor Berdasarkan Jarak Tempuh Berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Memilih jaket untuk mengendarai sepeda motor tentu tak bisa sembarangan. Cuaca di Indonesia terbilang unik, sejuk agak dingin saat pagi dan malam, tapi panas terik ketika siang hari, serta memiliki kelembaban yang cukup tinggi.

Rupanya, tak hanya cuaca Indonesia yang mengharuskan kita tepat dalam memilih jaket motor, tapi juga jarak berkendaranya. Hal itu diungkap oleh Tedy Suryadi, Brand Activation Respiro.

"Pastikan kita memilih tipe sesuai kondisi berkendara. Untuk jaket tipe touring jarak dekat dan jarak jauh pun itu berbeda tipenya. Dan untuk riding harian, itu juga berbeda," terang Tedy.

 "Untuk riding harian, bisa menggunakan jaket casual, tapi tetap fungsional untuk berkendara, yaitu bisa menahan angin, ada ventilasi, dan memiliki bagian yang dapat disesuaikan di pergelangan tangan dan pinggang," tambahnya.

 

2 dari 4 halaman

Terlalu Ketat

Tedy pun menyarankan untuk menghindari jaket yang terlalu ketat atau pun longgar, harus pas dengan badan. Intinya, Otolovers harus membuat badan merasa nyaman agar fokus tetap terjaga untuk menghindari potensi kecelakaan.

Tentu, saat berkendara jauh, pilih jaket yang dilengkapi dengan protektor atau komponen pelindung di bahu, punggung, dan siku. Selain itu, tentunya juga harus dapat menahan angin dan tetap bisa mengeluarkan uap-uap panas.

Sumber: Otosia.com

 

3 dari 4 halaman

Tips Merawat Jaket Motor Kesayangan Selagi Iseng di Rumah Aja

Sebagai salah satu perlengkapan berkendara yang cukup penting, jaket memang memiliki banyak fungsi. Selain memberikan keamanan bagi pengendara, jaket juga bisa mendukung gaya berkendara seorang biker.

Berbagai jenis jaket sepeda motor, baik yang fungsional hingga premium tentu memiliki tata cara perawatannya tersendiri. Berikut, beberapa tips merawat jaket di rumah, seperti yang dijabarkan PT Astra Honda Motor (AHM):

1) Ikuti instruksi sesuai label yang terdapat dibalik Jaket dalam melakukan pencucian. Jaket untuk bermotor memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, sehingga petunjuk dalam melakukan pencucian menjadi kunci agar jaket lebih awet.

2) Untuk jaket sepeda motor biasanya memiliki pelindung, seperti pada bagian bahu, siku dan punggung. Sebelum melakukan pencucian, keluarkan pelindung dari kantongnya agar tidak merusak sisi-sisi jaket saat dicuci.

Baca selengkapnya di sini.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: