Sukses

Penjualannya Didominasi Pikap Carry, Ini Penjelasan Suzuki

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil Suzuki mulai menunjukkan grafik peningkatan. Hal tersebut bisa dilihat dari penjualan ritel mereka yang naik dari 12,9 persen pada Mei menjadi 14,1 persen di Juni 2020.

Namun kontributor terbesar ritel Suzuki bukan berasal dari kendaraan penumpang. New Carry pick-up tercatat memberi kontribusi utama penjualan ritel Suzuki dengan persentase 56,8 persen.

Kendaraan penumpang menyusul berikutnya, yakni XL7 sebesar 13,5% dan All New Ertiga dengan kontribusi 12,1 persen.

Sedangkan model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1 persen dari total penjualan Suzuki di bulan Juni.

"Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar COVID-19," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

 

2 dari 4 halaman

Efek UMKM

Menurut Donny, tingginya permintaan kendaraan komersial yang melebihi mobil penumpang lantaran sektor banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan kendaraan komersial. 

Terlebih lagi kegiatan logistik serta jasa pengiriman yang meningkat. Disamping itu dukungan dari perusahaan leasing juga berpengaruh.

"Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Penjualan XL7 Meningkat

Sementara kendaraan penumpang yang menunjukkan pergerakan adalah XL7.

"Kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL," pungkasnya.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: