Sukses

Naik Skutik Juga Bisa Irit, Caranya Mudah

Perawatan berkala merupakan tips agar skutik irit bensin

Liputan6.com, Jakarta - Skuter matik atau skutik memang masih menjadi merajai penjualan motor di Indonesia, mengungguli bebek dan sport. Namun, masih ada konsumen di Tanah Air yang enggan memilih motor yang hanya tinggal gas ini, dan salah satu alasannya karena boros.

Perawatan berkala merupakan tips agar skutik irit bensin.

Padahal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar hemat ketika berkendara menggunakan skutik, seperti dilansir laman resmi Wahana Honda:

1) Service Berkala

Perawatan berkala merupakan tips agar skutik irit bensin. Perawatannya sendiri, biasa dilakukan sekali dalam satu atau dua bulan. Ketika motor dibawa ke bengkel, maka para teknisi akan membersihkan filter angin dan memeriksa sistem pengapian terlebih dahulu.

Kedua komponen tersebut akan menjamin bahwa mesin dapat terus bekerja dengan optimal. Selain itu, pemilik juga harus mengganti oli secara berkala.

Fungsi oli adalah untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin sehingga bagian penggerak ini tidak mudah aus, dan dapat dipakai lebih lama. Gunakanlah oli yang sesuai dengan spesifikasi skutik Anda, dengan demikian penggunaan bensin akan menjadi lebih hemat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2) Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Bensin merupakan 'minuman' utama untuk kendaraan bermotor. Namun, jika ingin berhemat maka disarankan untuk menggunakan bensin dengan oktan yang tinggi.

Oktan yang tinggi di bensin mengindikasikan bahwa pembakaran akan lebih baik dibandingkan yang lebih rendah.

Namun, biasanya harga lebih mahal. Jika Anda memiliki keuangan yang terbatas, maka belilah bensin dengan oktan menengah karena harganya lebih murah dan kemampuan pembakarannya juga cukup baik.

 

3 dari 3 halaman

3) Kondisi Ban

Memeriksa kondisi ban tentu hal yang mudah. Karena hanya diperlukan menekan ban tersebut, untuk mengetahui tekanan angin di ban sudah perlu ditambah atau tidak.

Tapi, jika anda ingin menghemat penggunaan bensin maka isilah angin ban dengan nitrogen yang biasa ada di pom bensin. Menggunakan nitrogen merupakan tips agar skutik irit bensin, karena ban menjadi lebih ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.