Sukses

Tips Ampuh untuk Lulus Ujian SIM dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum berkendara di jalan raya, Anda harus membuktikan kemampuan mengemudikan kendaraan di ujian Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sebuah area dengan aturan dan berbagai bentuk bidang sudah disediakan. Dengan mengikutinya secara tertib, maka seseorang bisa mendapatkan SIM, khususnya SIM C bagi pesepeda motor.

Namun tidak sedikit yang tidak lulus di tahap ini. Asep Wawan, Senior Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora dalam diskusi Live Instagram dengan Otosia.com, Jumat (3/7/020), memberikan tips agar lolos ujian.

Salah satunya emosi dan mengatur agar tidak gugup, termasuk dengan berdoa. Sebab, justru hal ini menjadi salah satu faktor yang dianggap sebagai penyebab ketidaklulusan.

"Kita harus mengontrol emosi. Kadang begitu masuk kantor polisi kita sudah gugup duluan. Jadi blank materinya. Jika sudah mengontrol emosi, jika masuk kantor polisi dan mau ujian, kita harus fokus," ujarnya,

 

2 dari 4 halaman

Materi Ujian

Kita juga perlu untuk berlatih terlebih dahulu. Misalnya, mulailah dengan mencari materi ujian.

"Harus latihan. Mungkin orang-orang pernah lihat ujian praktik SIM, nah kita latihan di tempat berbeda dengan cara yang sama dengan ujian tersebut," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Hal yang Diuji

Ia pun menjelaskan sejumlah hal yang perlu diuji saat ingin menjalani praktik SIM sebelum memperoleh surat resmi tersebut.

"Ada 3 sebenarnya. Keseimbangan, berbelok, yang ketiga mengerem yang lurus, pengerman menghindar. Berbeloknya U turn, balik lagi, dan keseimbangan," ujarnya.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: