Sukses

Ini Jenis-Jenis Lampu untuk Mobil Kesayangan

Lampu mobil kini sudah berkembang tidak hanya sebagai alat penerang saja. Komponen ini bisa juga digunakan untuk mempercantik penampilan roda empat kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Lampu mobil kini sudah berkembang tidak hanya sebagai alat penerang saja. Komponen ini bisa juga digunakan untuk mempercantik penampilan roda empat kesayangan.

Nah, bagi pemilik yang berniat untuk memodifikasi lampu mobilnya, ada banyak jenis yang kini beredar di pasaran. Berikut, jenis-jenis lampu seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1. Halogen

Jenis lampu halogen ini merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan pada mobil. Biasanya lampu halogen ini dipasang pada penerang utama (headlamp), yaitu pada bagian depan mobil.

Kekuatan yang dihasilkan oleh lampu halogen ini berkisar antara 35-55 watt. Lampu halogen memiliki cara kerja dengan mengoperasikan filamen pada suhu tinggi.

Karena lampu halogen ini menggunakan filamen seperti lampu pijar pada umumnya, dalam pengoperasian filamen ini dapat menghasilkan cahaya atau pijar yang lebih terang.

2. HID (High Intensity Discharge)

Berbeda dengan lampu halogen, lampu HID dibuat tanpa menggunakan filamen. Cahaya yang ada dihasilkan dari pengapian gas Xenon yang berada di dalam tabung. Meskipun tanpa filamen, cahaya yang dihasilkan lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen.

Di samping itu, cahaya yang dihasilkan juga lebih tahan lama, meskipun tanpa membutuhkan daya yang tinggi.

Tetapi sayangnya, penggantian lampu jenis ini membutuhkan arus listrik yang berbeda, sehingga prosesnya agak rumit karena harus menggunakan ballast untuk menyeimbangkannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. LED (High Emitting Diodes)

Lampu LED sudah lama dikenal sebagai lampu penerang dalam ruangan. Pada kendaraan bermotor, lampu jenis ini biasa digunakan untuk rem dan juga pada plat motor. Tetapi sekarang ini, lampu LED juga sering digunakan sebagai lampu utama pada kendaraan bermotor.

Lampu LED mobil ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya, dengan daya yang lebih kecil, intensitas cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang dan kuat, dibandingkan dengan lampu HID. Lampu ini juga mempunyai ketahanan yang lebih baik, sehingga cenderung tahan lama.

Alasan lampu ini banyak digunakan, karena dalam pemasangannya tidak ribet, tidak membutuhkan ballast pada pemasangannya.

Namun demikian, untuk pemasangannya membutuhkan penambahan relay dan conversion kit yang biasanya sudah merupakan satu paket dalam pembelian lampu LED.

3 dari 4 halaman

Jenis LED

Lampu LED sendiri dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah:

1. LED Limited, biasa digunakan sebagai lampu utama karena memiliki daya yang tinggi.

2. LED Cree, merupakan lampu tambahan yang biasa digunakan pada rem dan juga sebagai sein.

3. LED COB (chip and board), lampu ini merupakan susunan deretan chips dalam satu papan, dan biasa digunakan sebagai lampu kabin platform.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini