Sukses

Mengenal 6 Ciri-Ciri Oli Motor Berkualitas Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Selain pergantian secara rutin, hal yang perlu diperhatikan saat memilih oli ialah kualitas produk yang digunakan. Jangan sampai, oli yang dipilih justru membuat motor tak bisa bekerja maksimal karena tak sesuai komponen kendaraan.

Terdapat 6 hal yang harus selalu diperhatikan pemilik kendaraan saat memilih oli yang sesuai. Berikut ulasannya seperti dilansir Suzuki Indonesia.

1. Bisa Melapisi Logam Mesin Kendaraan

Oli mesin yang berkualitas harus bisa melapisi logam mesin pada kendaraan. Lapisan pelumas pada mesin mampu membuat komponen yang bekerja menjadi lebih awet dan nyaman dikendarai.

Selain itu, pelumas yang baik juga harus bisa membuat mesin selalu terjaga dan tidak mudah aus.

2. Bisa Menahan Gesekan Putaran Mesin

Oli motor yang berkualitas tentu mampu menahan gesekan dari putaran mesin, sehingga usia kendaraan menjadi lebih awet.

3. Bisa Menjaga Kopling Agar Tidak Selip

Kopling motor selip tentu menjadi masalah serius. Jika hal ini terjadi pada motor yang digunakan, pemilik wajib melakukan servis. Untuk menghindari hal ini, pemilik harus memilih oli motor yang sesuai.

2 dari 4 halaman

4. Memiliki Jarak Tempuh Sesuai Label Produk

Setiap produk memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda. Artinya, pemilik wajib mengganti oli sesuai jarak tempuh kendaraan.

Apabila oli yang digunakan telah habis sebelum jarak tempuh tercapai, pemilik wajib mengganti produk yang digunakan. Pasalnya, oli motor yang habis bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.

5. Mampu Menambah Kecepatan Motor

Pilihlah oli motor yang bisa menambah kecepatan laju motor yang dimiliki. Dengan begitu mesin bisa bekerja optimal saat digunakan untuk berkendara.

 

3 dari 4 halaman

6. Mampu Menjaga Mesin Agar Tak Mudah Panas

Oli tak berkualitas bisa membuat mesin motor menjadi lebih cepat panas, terlebih saat digunakan untuk jarak jauh. Untuk itu, sebaiknya pemilik memilih oli motor yang bisa menjaga kondisi mesin agar tetap stabil dan tidak mudah panas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: