Sukses

Pengemudi Wanita Wajib Ketahui Empat Hal Penting Ini

Mengingat kebutuhan dan tingkat mobilitas yang tinggi, kemampuan mengemudi mobil tidak hanya dimiliki oleh kaum pria, namun juga para wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Mengingat kebutuhan dan tingkat mobilitas yang tinggi, kemampuan mengemudi mobil tidak hanya dimiliki oleh kaum pria, namun juga para wanita.

Tak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diketahui pengemudi wanita. Jangan sampai, pengemudi tak mengetahui sama sekali sistem yang ada di dalam mobil saat tengah berkendara.

Lalu bagaimana panduan mengemudi yang benar untuk para wanita. Berikut empat hal yang perlu diperhatikan oleh wanita saat mengemudi seperti dilansir Garda Oto.

1. Sedikit Mengerti Mesin Mobil

Mesin mobil selalu identik dengan kaum pria. Namun, ada baiknya pengemudi wanita juga sedikit mengerti tentang mobil dan masalah teknisnya. Apabila terjadi masalah ringan, Anda juga bisa mengatasinya tanpa panik.

Akan tetapi, bila sudah termasuk kategori berat dan butuh tenaga ekstra, tentu bantuan teknisi dibutuhkan.

2. Jangan Meninggalkan Barang Berharga di Dalam Mobil

Salah satu penyebab mobil menjadi incaran penjahat ialah terdapat barang berharga di dalamnya.

Karena itu meninggalkan barang berharga dalam mobil sangat tidak dianjurkan. Usahakan selalu membawa barang berharga, seperti tas, smartphone, dompet, ataupun barang lainnya.

Bila perlu, bawa tas yang lebih besar agar semua barang berharga bisa masuk ke dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rutin Melakukan Service

Umumnya, perawatan mobil bisa ditentukan dari jarak tempuh dan waktu pemakaian. Untuk perawatan berkala berdasarkan jarak tempuh bisa dilakukan saat kilometer kendaraan sudah mencapai 10.000.

Jika dilakukan berdasarkan waktu pemakaian, maka pemilik kendaraan bisa menjadwalkan rutin selama enam bulan untuk mempertahankan performa mobil.

4. Pastikan Mobil Terkunci dengan Aman

Apabila Anda akan meninggalkan mobil dengan jangka waktu cukup lama, pastikan mobil di kunci dengan aman. Cek semua pintu saat hendak meninggalkannya.

Meskipun mobil sudah memiliki sistem keamanan dengan sistem kunci otomatis, pemilik juga perlu mengecek untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bila perlu, pemilik kendaraan juga bisa menambahkan alarm mobil untuk memberikan sinyal peringatan bila terjadi hal yang tidak diinginkan dan menggunakan asuransi kendaraan untuk melindungi dari risiko tabrakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini