Sukses

Dana Ratusan Juta untuk Hobi Mahal Modifikasi Motor Balap

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga balap saat ini tetap digandrungi para pecinta roda dua di Tanah Air. Ajang balap resmi atau road race dan juga kegiatan seperti sunday race atau sejenisnya, menjadi wadah bagi pecinta kecepatan tinggi untuk adu nyali di sirkuit.

Namun, untuk turun balap resmi, pemilik tim atau yang memiliki hobi balap harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Pasalnya, untuk mengubah kuda besi kesayangan siap turun di lintasan, banyak yang harus diubah, seperti bodi, kaki-kaki, sistem pengereman, dan juga mesin.

Nah, bagi yang berniat membangun atau memodifikasi motor agar siap turun di ajang balap, diler Yamaha Mekar Motor, yang berada di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat ini menyediakan bengkel atau speed shop untuk mengakomodasi hal tersebut.

Bekerjasama dengan pembalap nasional, Rey Ratukore, sebagai penanggung jawab Rey Speed Shop menyediakan layanan modifikasi motor balap.

"Kalau untuk kelas motor bebek, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp120 juta, dan spesifikasinya sudah layak terjun road race," ujar Rey saat berbincang dengan wartawan, di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Dana tersebut, sudah termasuk pembelian motor baru di dealer Yamaha, serta komponen yang dipasang. "Biasanya, kita ambil motor baru di dealer Yamaha, yaitu MX King dan kita modifikasi. Setelah itu, kita dyno test, dan saya sendiri yang akan melakukan tes," tambahnya.

Sementara itu, untuk memodifikasi motor matik dengan spesifikasi balap, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp40 juta. Namun, biaya tersebut di luar motor baru dan tergantung komponen apa saja yang hendak dipasang.

"Sedangkan untuk motor sport, seperti R25 dana yang dibutuhkan Rp150 juta, dan itu sudah siap turun di Sunday Race," tegasnya.

Sementara itu, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi spesifikasi balap ini, tidak memerlukan waktu yang lama. "Jika komponennya sudah ada, paling tiga hari selesai, itu sudah termasuk dyno dan tes lain," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Jaring Konsumen Lewat Internet

Sementara itu, saat persemian Service center Yamaha Mekar Motor di Cibinong, sekaligus digunakan untuk meluncurkan website baru, www.yamahamekar.co.id.

Bekerjasama dengan Smart Agency, website ini akan digunakan sebagai jembatan antara konsumen dan juga Yamaha Mekar Motor, agar komunikasi dan interaksi bisa lebih mudah. Selain itu, website ini juga berfungsi sebagai jembatan penghubung, antara konsumen yang hendak membeli perlengkapan riding, modifikasi atau motor baru, dengan dealer atau toko apparel, dan speed shop.

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading