Sukses

Mercy Seperti Mobil Dinas Jokowi Tidak Bisa Dibeli Sembarang Orang

Mercedes-Benz S600 guard resmi menjadi mobil dinas Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes-Benz S600 guard resmi menjadi mobil dinas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Namun, karena diperuntukan bagi kepala negara, maka mobil ini juga dihadirkan dengan spesifikasi khusus, dengan standar keamanan yang tinggi.

Lalu, bagi konsumen biasa atau konglomerat di Indonesia, apakah bisa memesan mobil yang sama yang digunakan oleh Presiden RI?

"Belum tentu ya (bisa atau boleh). Selama ini kita melayaninya goverment to goverment, kita yang membantu untuk spesifikasinya," jelas Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communications PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), saat berbincang dengan wartawan di Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Lanjutnya, jika konsumen biasa bisa membeli S600 Guard dengan spesifikasi yang sama dengan presiden, maka model ini akan di mana-mana. Pasalnya, mobil dengan harga miliaran selain mobil presiden ini saja, banyak yang memilikinya.

"Karena kebutuhannya khusus untuk kepala negara," tegasnya.

Sementara itu, jika ada konsumen yang ingin memesan mobil anti peluru, juga tidak bisa sembarangan. Pasalnya, mobil jenis ini pasti memiliki persyaratan yang khusus dan sulit.

"Jadi, mereka (calon konsumen) disurvei sebelumnya. Kita tidak bisa menjual mobil ke sembarangan orang, itu juga berlaku ke kendaraan biasa," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Mercedes-Benz S6000 Guard memang memiliki spesifikasi yang cukup canggih. Terdapat pula sistem rem ABS, active blind spot assist, active lane keeping assist, pre-safe brake dan rem parkir listrik.

Fiturnya dilengkapi dengan night view assist plus, sistem lampu cerdas LED, dan Kamera 360. Untuk bagian interior, S 600 Guard dilengkapi sandaran kaki dan bantal pada jok belakang, serta sistem multicontour, yang mampu memanjakan penumpang karena bisa mengatur mode penghangat dan pijat.

Penumpang juga bisa melakukan panggilan bisnis melalui telepon yang terintegrasi dengan handset dan layar sentuh. Ada pula lampu baca dengan teknologi LED.

Dari sisi dapur pacu, S 600 Guard dibenamkan mesin bensin V12, yang mampu menghasilkan 530 Tk dan torsi 830 Nm karena dikawinkan dengan transmisi otomatis 7G-TRONIC.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.