Sukses

Biaya Penggantian Head Unit yang Jadi Korban Banjir

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang terendam banjir parah disarankan untuk mengganti head unit. Di pasaran, komponen ini ditawarkan dengan banyak pilihan dan harga yang beragam.

"Head unit itu banyak sekali pilihan. Pemilik mobil bisa memilih mau yang jenis apa baru bisa menyebut harganya," kata pemilik Line Audio, Rokhimin saat ditemui Liputan6.com di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.

Khusus head unit yang sudah memiliki beberapa fitur canggih seperti Bluetooth dibanderol dengan kisaran Rp 2 jutaan. Namun untuk head unit single Din bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 900 ribu.

"Harga tersebut belum sama ongkos pasang, untuk pemasangan konsumen rata-rata itu membayar Rp200 ribu, tergantung dari tingkat kesulitannya," ujar Rokhimin.

Khusus mobil terendam banjir, Rokhimin menegaskan pemilik tidak boleh langsung menyalakan power audio apabila head unit sudah terkena air.

2 dari 3 halaman

Matikan Audio Saat Memarkirkan Mobil

Karena itu, pemilik kendaraan disarankan untuk selalu mematikan head unit atau sistem audio saat memarkirkan kendaraan dan mematikan mesin.

"Sebenarnya untuk kabel-kabel itu enggak ada maslah kalaupun mobil terendam air. Memang masalah terbesar ada di head unit. Kalau head unit sudah kena air wajib ganti. Saat tahu sudah kena air jangan langsung dinyalakan juga," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sistem Audio Mobil Terendam Banjir, Ini Bagian yang Rentan Rusak
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Data Privasi yang Tersambung Perangkat Infotainment Bisa Diretas