Sukses

Cara Mudah Merawat Jok Berlapis Kulit Sintetis

Liputan6.com, Jakarta - Jok pada kendaraan bermotor, merupakan salah satu komponen yang menentukan kenyamanan. Biasanya, jok ini bungkus oleh kulit.

Material kulit yang dipakai untuk jok biasanya terdiri dari tiga jenis yaitu sintetis, domba atau sapi. Kulit sintetis merupakan bahan yang kerap dipakai pabrikan sepeda motor. 

Tetapi, bahan sintesis tidak bisa bertahan lama. Tingkat ketahanan bahan terhadap cuaca tidak terlalu tinggi, kurang lebih hanya empat tahun dan bisa lebih cepat rusak bergantung pada pemakaian.

Dikutip dari Suzuki, perawatan kulit sintesis ini sebenarnya tidak sulit. Kamu cukup menggunakan lotion khusus kulit jok motor. Cairan ini sudah banyak dijual di pasar.

Lotion khusus jok motor diperlukan karena kulit sintesis mudah kering. Jika terlalu lama kering, kulit sintetis akan mudah pecah.

2 dari 2 halaman

Oleskan Lotion

Kamu cukup rutin mengoleskannya satu hingga dua bulan sekali. Cairan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan elasitisitas kulit sehingga tidak mudah pecah.

Kulit sintesis memerlukan kelembapan supaya polyurethan tidak kering. Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kulit sintesis. 

Untuk kulit asli, perawatan dengan lotion ini tetap diperlukan untuk menjaga kelembapannya. Bedanya, kamu bisa menggunakan mink oil dari lemak untuk merawat kulit jok asli.

Sumber: Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal Ganti, Kenali Dulu Jenis dan Bahan Pelapis Jok Mobil