Sukses

Lima Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Liputan6.com, Jakarta - Ban adalah komponen yang vital pada mobil. Tak hanya sebagai penggerak, ban juga memiliki pengaruh di berbagai aspek berkendara mulai dari kenyamanan, keselamatan, hingga jumlah konsumsi bahan bakar.

Namun, sebagai bagian mobil yang terus-menerus bergesekan dengan jalan, tentunya semakin lama ban akan mengalami penurunan kualitas.

Apabila yang digunakan sudah tidak layak, tentunya dapat menimbulkan masalah pada mobil yang dapat membahayakan pengendara.

Sering tidak disadari, terdapat beberapa ciri bahwa ban sudah tidak layak lagi untuk dipakai. Dilansir Suzuki, berikut lima tanda ban mobil harus segera diganti.

1. Ban sudah berumur lebih dari 3 tahun

Ban terbuat dari bahan karet yang elastis. Namun, semakin lama usia ban maka sifat lentur dari karet akan semakin berkurang hingga akhirnya menjadi getas. Untuk itu, waktu penggunaan ideal dari ban mobil adalah tiga tahun.

Apabila ban sudah melebihi tiga tahun pemakaian maka ada baiknya untuk segera melakukan penggantian. Walaupun kondisi ban terlihat masih baik namun ban yang sudah digunakan lebih dari tiga tahun biasanya sudah mengeras sehingga tidak lagi nyaman digunakan.

2. Jarak tempuh sudah 40.000 km.

Tak hanya patokan usia, jarak tempuh juga dapat menjadi indikator apakah ban masih layak digunakan atau tidak.

Apabila jarak sudah menyentuh 40 ribu km, disarankan untuk segera melakukan penggantian ban. Hal tersebut dikarenakan ban yang sudah menempuh jarak jauh rentan mengalami pengikisan.

 

 

2 dari 2 halaman

3. Ketebalan tapak ban sudah mencapai batas TWI

Tiap ban mobil memiliki Tread Wear Indicator (TWI). TWI sendiri merupakan batas pengikikisan yang diizinkan dan menandakan apakah ban masih dapat digunakan atau tidak. Bila ban sudah menyentuh tanda segitiga TWI maka ban sudah seharusnya diganti.

Terdapat 2 indikator TWI pada ban yang terletak di bagian tepi dan di tengah telapak ban. Pada bagian tepi terdapat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sementara di tengah telapak ban ada tonjolan yang tidak lebih tinggi dari kembang ban.

4. Ban gundul

Ban gundul merupakan salah satu indikator jelas bahwa ban harus diganti. Hal ini dikarenakan ban yang gundul tidak lagi memiliki cengkraman yang kuat sehingga berpotensi membuat mobil tergelincir.

5. Ban ada benjolan

Benjolan pada ban merupakan salah satu tanda terdapat anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus.

Jika ban sudah benjol maka lebih berpotensi untuk pecah dikarenakan beberapa bagian tidak lagi mampu menahan tekanan udara.

Penulis: Khema Aryaputra

Loading
Artikel Selanjutnya
Ban Motor Cepat Botak karena Parkir Kepanasan, Ini Penjelasannya
Artikel Selanjutnya
4 Langkah Mudah Mengecek Kondisi Ban Motor