Sukses

Honda City Terbaru Diklaim Lebih Irit 33 Persen, Intip Pembaruannya

Liputan6.com, Jakarta - Honda Jazz generasi terbaru sudah unjuk gigi di Tokyo Motor Show 2019 lalu. Kali ini Honda City akan mengawali world premiere di Bangkok Motor Show 2019. Uniknya, City generasi terbaru ini diklaim lebih hemat bahan bakar sebesar 33 persen. 

Tampilan anyar Honda City 2020 makin mirip dengan saudara dekatnya, Civic. Racikan dan pahatan bodi direkayasa ulang. Bahkan konon dimensi kini ditingkatkan. Sedan kompak ini tak lagi tampil normatif. Namun mengacu pada gaya sporty dengan garis tajam di sekitar lampu depan LED dan belakang. Bar kromium tebal di bagian depan, seperti yang Anda lihat pada Honda Civic dan CR-V. Maklum, bahasa desainnya sama.

Interior juga dirombak lebih baik. Misalnya sistem infotainment layar sentuh besar dengan Android Auto dan Apple CarPlay, multi-speaker stereo dan kursi pengemudi yang dapat diatur secara elektrik. Bocoran itu sedikit diungkap oleh Honda Thailand di dalam video Youtube. Bertajuk "Honda City Success and Next Challenge," mereka berbicara tentang City baru, yang lebih besar dan sedikit minum bensin.

Diprediksi, Honda City teranyar bakal menerima lampu depan dan wiper otomatis dan sunroof. Sementara sektor keselamatan didukung enam buah airbag, kontrol traksi, kontrol jelajah, sistem pemantauan tekanan ban dan ABS dengan imbuhan stabilitas elektronik. Di dalam regulasi Thailand, ada pengetatan bahan bakar, emisi dan peranti keselamatan standar. Mirip dengan kriteria Euro 5. Emisi CO2 mobil harus di bawah 100 g/km, konsumsi bahan bakar tidak melebihi 4,3 liter per 100 km (23,25 km/l). Kemudian fitur keamanan standar minimal tersedia ABS, EBD, BA dan VSA di seluruh jajaran produk.

 

2 dari 3 halaman

Engine

Jantung pacu Honda City 2020 sebetulnya telah bocor. Ia menerima mesin bensin satu liter turbocharged yang dirancang khusus untuk pasar Thailand. Ya, sesuai regulasi Eco car II. Engine ini mendapatkan turbocharger Borg Warner, yang menawarkan daya puncak 120 Tk. Output diikawinkan dengan transmisi manual 6 speed dan gearbox otomatis CVT.

Kabarnya bakal ada mesin bensin 1,5 liter hybrid ringan. Bernama e: HEV yang juga tertanam di Jazz baru. Jantung pacu ini mendapat transmisi manual 6 percepatan dan gearbox CVT. Dan khusus untuk pasar India, Honda City menerima mesin diesel 1,5 liter yang saat ini mendukung sedan generasi ke-4. Imbuhan turbo sebetulnya jadi opsi menarik. Mari kita tunggu kedatangannya untuk pasar di sini.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pasar Otomotif Asia Tenggara Lesu, Sinyal Buruk untuk Pabrikan Jepang
Artikel Selanjutnya
Komunitas Bisa Rasakan Performa Honda Supra GTR di Lintasan Balap