Sukses

Mengenal Sejarah Suzuki, dari Pabrik Mesin Tenun hingga Raksasa Otomotif Dunia

Rombongan jurnalis Indonesia ini, juga diajak mampir ke museum Suzuki, di Plaza Suzuki, Jepang.

Liputan6.com, Shizuoka - Dalam kunjungan tim Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang juga diikuti oleh Liputan6.com ke Tokyo Motor Show (TMS) 2019, pabrikan berlambang huruf S ini mengajak untuk mengunjungi markasnya yang terletak di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang. Selain itu, rombongan jurnalis Indonesia ini, juga diajak mampir ke museum Suzuki, di Plaza Suzuki.

Tempat yang dipenuhi berbagai informasi sejarah dan perkembangan industri otomotif yang dibangun oleh Suzuki ini, berada di seberang kantor pusat Suzuki Motor Corporation. Di sini, tersimpan berbagai macam mobil, motor, motor balap, dan mesin tempel Suzuki dari generasi awal hingga saat ini.

Perjalanan di museum Suzuki ini dimulai dari lantai dasar gedung, yang menjadi display mobil dan motor baru Suzuki, serta berabgai pernak-pernik merchandise. Beranjak ke lantai tiga, diawali dengan berbagai penampakan mesin tenun, karena memang sang pendiri, Michio Suzuki merupakan pencipta mesin tenun, Suzuki Loom Works pada 1909.

Singkat cerita, Suzuki Loom Works berkembang pesat, dan bertahan hingga sekitar 30 tahun hingga industri permintaan mesin tenun makin lama makin menyusut, dan Michio Suzuki mulai mempertimbangkan untuk membuat produk otomotif. Sang pendiri memiliki ide untuk menempelkan mesin ke sepeda, dan mengubahnya menjadi kendaraan bermotor.

Pada 1952, ide Michio ini terwujud dengan dirilisnya Power Free, sepeda bermotor yang menggunakan mesin buatan Suzuki dengan kualitas tinggi. Sukses di pasaran, Suzuki kemudian merilis Diamond Free pada 1953 dan Mini Free pada 1954.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Penumpang Pertama Suzuki

Di lantai yang sama, juga terdapat Suzuki Suzulight pada 1955, yang merupakan cikal bakal mobil penumpang Suzuki. Terdapat juga mobil bersejarah lainnya, seperti Jimny generasi pertama, dan Carry bertenaga listrik yang di pajang di Japan World Exposition (Expo 70) di Osaka, serta di dipajang juga berbagai sepeda motor Suzuki dari yang lawas hingga saat ini.

Turun ke lantai dua, terdapat area yang menunjukan keahlian Suzuki di inudsti otomotif, dengan berbagai contoh produksi mobil Suzuki dan pengembangan teknologi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini