Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Cara Aman Berbelok dan Pindah Jalur

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan saat hendak berbelok atau berpindah jalur sering kali terjadi. Bagi pengendara motor ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat hendak berbelok atau berpindah jalur.

Seperti dilansir Federal Oil, Selasa (15/10), saat akan berbelok atau pindah jalur pemilik kendaraan tidak hanya mengandalkan lampu sein, karena ada beberapa bagian pada kendaraan yang tidak terlihat atau biasa disebut blind spot.

Hal lain yang perlu dilakukan setelah menyalakan sein adalah melihat kondisi bagian belakang kendaaan dari kaca spion.

Setelah memastikan aman, pengendara motor juga harus berada di jalur bagian kiri atau kanan saat akan berbelok. Pastikan juga keamanan saat hendak pindah jalur.

Apabila diurutkan, pengendara motor harus menyalakan lampu sein lalu melihat spion dan melihat belakang kanan atau kiri dalam hitungan detik. Setelah itu lihat area yang akan dituju, dan secara berlahan mengarahkan kendaraan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Perhatikan Situasi dan Kondisi

Banyak kecelakaan sepeda motor terjadi karena tabrakan dengan kendaraan dari arah belakang akibat kurangnya pemahaman saat hendak berbelok.

Karena itu, memperhatikan situasi dan kondisi sebelum berbelok atau pindah jalur penting dilakukan dan diperhatikan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Cara Mudah Hilangkan Bekas Stiker di Mobil
Artikel Selanjutnya
Empat Keunggulan Sistem Injeksi pada Sepeda Motor