Sukses

Tak Perlu Beli Mobil Lagi, Begini Cara Siasati Aturan Ganjil-Genap

Banyaknya masyarakat Jakarta yang risau akan imbas perluasan area ganjil-genap, Waze sebagai perangkat digital mengaku akan selalu menyediakan akurasi waktu nyata dan merefleksikan kondisi nyata di jalanan sehingga mampu menjadi solusi berkendara harian.

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya masyarakat Jakarta yang risau akan imbas perluasan area ganjil-genap, Waze sebagai perangkat digital mengaku akan selalu menyediakan akurasi waktu nyata dan merefleksikan kondisi nyata di jalanan sehingga mampu menjadi solusi berkendara harian.

Didukung komunitas yang terdiri dari 500 Map Editor lokal di seluruh Indonesia, Waze memastikan kondisi jalan, destinasi, dan rute yang selalu diperbarui secara tepat waktu, termasuk kebijakan perluasan area ganjil-genap.

Perluasan peraturan ganjil genap di Jakarta berlaku untuk 25 ruas jalan selama jam sibuk pada hari kerja, yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi lalu lintas kota, kualitas udara serta kondisi lingkungan.

“Cukup dengan memilih destinasi dan mendaftarkan nomor kendaraan, pengguna Waze saat ini akan dibantu dengan rute-rute tercepat. Waze selalu berupaya menjadi solusi navigasi yang mudah dan senantiasa membantu pengemudi,” kata Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia.

Sebelum pelaksanaan kebijakan perluasan ganjil-genap, Map Editor telah melakukan perbaruan peta di aplikasi Waze berdasarkan informasi awal yang dikumpulkan dari media.

Namun, perbaruan ini terlebih dahulu dikunci karena masih dalam tahap sosialisasi. Ketika telah resmi diberlakukan, maka semua perbaruan langsung dibuka dan seluruh pengguna Waze dapat melihatnya, serta dapat menghindari rute-rute tertentu hanya dengan memasukkan dua angka terakhir (untuk mengetahui pelat ganjil-genap) dari nomor kendaraan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adanya Map Editor

Semua pembaruan jalan yang dilakukan oleh para Map Editor pada dasarnya mengikuti regulasi lalu lintas yang diberlakukan oleh pemerintah setempat, termasuk perluasan terbaru kebijakan ganjil-genap.

“Berkat para Map Editor, peta Waze selalu diperbarui, menggambarkan kondisi jalanan terkini, untuk menyiasati jalanan Jakarta dan kebijakan ganjil-genap. Pengemudi yang menggunakan Waze dapat memastikan bahwa mereka berkendara dengan aman, sesuai peraturan dan yang terpenting menghindari lalu lintas yang buruk,” ujar Marlin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.